Taman Bacaan sebagai Kegiatan Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat

Taman Bacaan sebagai Kegiatan Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat

Secara umum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) memiliki peranan sebagai sumber informasi, pendidikan, penelitian, preservasi dan pelestarian khazanah budaya bangsa serta tempat rekreasi sehat, murah dan bermanfaat.

Pertama, Memiliki peranan sebagai media atau jembatan yang menghubungkan antara sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang terkandung didalam koleksi pustaka. Kedua, Memiliki peran sebagai lembaga untuk membangun minat baca kegemaran membaca, kebiasaan membaca dan budaya membaca melalui penyedia berbagai bahan bacaan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Ketiga, Memiliki peranan aktif sebagai fasilitator, mediator, motivator bagi masyarakat yang ingin mencari, memanfaatkan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalamannya, dan Keempat, Berperan sebagai agen perubahan, agen pengembangan dan agen kebudayaan manusia.

Untuk memenuhi peranannya seperti yang telah dijabarkan tersebut, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) memiliki fungsi sebagai tempat mencari informasi secara mandiri dan pembelajaran masyarakat. Baik masalah yang berhubungan dengan pendidikan maupun masalah yang tidak berkaitan dengan pendidikan. Adapun fungsi TBM yaitu: Pertama, sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program pendidikan luar sekolah, khususnya program keaksaraan.

Kedua, sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan belajar warga dan masyarakat setempat. Ketiga, sumber penelitian dengan menyediakan buku-buku dan bahan bacaan lainnya dalam studi kepustakaan. Keempat, sumber rujukan yang menyediakan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan akademik lainnya.

Selain memiliki peran dan fungsi sebagai lembaga penyedia informasi, pelayanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ditujukan bagi semua masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, kemampuan berfikir dan keterampilan melalui sumber-sumber informasi yang telah disediakan. Oleh karena itu TBM juga memilki beberapa tujuan, diantaranya: Pertama, membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, menjadi sebuah wadah kegiatan belajar masyarakat. Ketiga, mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru.

Pada Perkembangan zaman yang semakin modern, setiap orang memiliki hak asasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak, termasuk didalamnya yaitu hak dalam mendapatkan informasi. Untuk mencapai standar hidup yang lebih baik, Pencapaian informasi bagi masyarakat ini dapat diatasi dengan cara mudah dan ekonomis, yaitu dengan melalui layanan-layanan baca yang menyediakan bahan bacaan.

Sasaran TBM sendiri adalah masyarakat dari berbagai tingkatan tanpa mengenal batas usia, baik untuk sebelum, selama dan sesudah menempuh jalur pendidikan formal maupun non formal atau pun masyarakat yang tidak berkepentingan.

Layanan TBM ini, biasanya memiliki koleksi bacaan yang sesuai dengan kondisi masyarakat tertentu guna menjawab masalah yang dialami oleh masyarakat yang tinggal di sekitar TBM.