Pengertian Housekeeping

Pengertian Housekeeping

Housekeeping dalam bahasa Indonesia disebut Tata Graha sedangkan dalam bahasa Inggris, Housekeeping berasal dari kata House yang berarti rumah dan Keeping (to keep) yang berarti memelihara, merawat atau menjaga. House Keeper adalah orang yang bertugas menjaga, merawat serta memelihara rumah yang dalam hal ini adalah hotel. Berikut beberapa pengertian mengenai housekeeping :

Menurut Drs.Agus Sulastiyono, M.Si dalam bukunya Manajemen Penyelenggaraan Hotel, (cetakan ke satu : 1999) menyebutkan bahwa

“Housekeeping adalah salah satu peranan yang mempunyai peranan dan fungsi yang cukup vital yaitu dalam memberikan pelayanan kepada para tamu, terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruang lingkup hotel”.

Menurut Rumekso dalam bukunya Housekeeping Hotel (2000:1) menyatakan bahwa “Housekeeping adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, dan kenyamanan diseluruh area hotel baik diluar maupun didalam gedung, termasuk kamar para tamu, restaurant, office serta toilet.”

Sehingga dari pengertian di atas housekeeping dapat diartikan sebagai berikut :

“Salah satu Departement yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap operasional hotel terutama dalam pemeliharaan, kerapian dan kelengkapan kamar-kamar tamu dan semua public area baik di dalam maupun diluar bangunan hotel.”

Housekeeping memeiliki beberapa kategori atau bagian diantaranya adalah

  1. Room Section atau Floor Section, yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan kenyamanan kamar tamu.
  2. Houseman atau Public Area Section, yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pembersihan seluruh area umum yang ada di area hotel.
  3. Pool Section, yaitu bagian yang bertugas mengenai kolam renang dan area kolam renang.
  4. Gardening Section, yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab atas pemeliharaan taman, baik di dalam maupun diluar bangunan hotel.
  5. Linen dan Uniform Section, yaitu bagian yang bertugas menangani linen-linen yang digunakan dikamar tamu maupun di food and beverage serta pakaian seragam karyawan.
  6. Laundry Section, yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pakaian maupun linen kotor, baik itu seragam karyawan maupun terhadap pakaian tamu.