Tata Cara Dalam Pelaksanaan Pemusnahan Arsip

Tata Cara Dalam Pelaksanaan Pemusnahan Arsip

Pemusnahan arsip dilakukan secara total sehingga tidak dapat dikenali lagi baik isi maupun bentuknya. Untuk memusnahkannya arsip dapat dilakukan dengan 3 (Tiga) cara yaitu :

1). Pembakaran

Pemusnahan dengan cara pembakaran adalah yang lazim atau sering dilakukan, karena pelaksanaannya mudah. Tetapi pemusnahan arsip dengan cara pembakaran ini akan memakan waktu yang cukup lama dan sangat berbahaya apabila pembakaran tersebut dilakukan dalam jumlah yang banyak.

2). Pencacahan

Arsip yang sudah di cacah berujud potongan-potongan kertas yang sama sekali tidak dapat dikenali lagi identitas arsip yang bersangkutan. Cara pemusnahan dengan mencacah arsip dapat dilakukan secara bertahap, artinya tidak harus selesai pada saat itu. Dengan demikian pemusnahannya dapat dilakukan secara rutin dan tidak perlu waktu khusus dan sebaliknya memilliki mesin pencacah kertas sehingga tidak ada selembar arsip pun yang dibuang di tempat sampah masih berwujud lembaran yang dapat dikenal identitasnya.

3). Penghancuran

Pemusnahan dengan cara ini adalah memusnahkan arsip dengan menuangkan bahan kimia diatas tumpukan arsip. Cara ini agak berbahaya karena bahan kimia yang digunakan biasanya adalah soda api. Bahan kimia tersebut dapat melukai apabila percikannya mengenai badan. Dengan demikian apabila penghancuran dilakukan pada tempat tertentu, apakah di suatu lubang atau bak, maka arsip tidak perlu ditunggu karena arsip tersebut pasti akan hancur dengan sendirinya.

Loading...