Pengertian Permen Jeli

Pengertian Permen Jeli

Permen jeli merupakan permen yang dibuat dari air atau sari buah dan bahan pembentu gel, yang berpenampilan jernih transparan serta mempunyai tekstur dengan kekenyalan tertentu. Bahan pembentuk gel yang biasa digunakan antara lain gelatin, karagenan dan agar (Savitri A, 2007).

Permen Jeli

Permen jeli tergolong pangan semi basah, oleh karena itu produk ini cepat rusak. Penambahan bahan pengawet diperlukan untuk memperpanjang waktu simpannya. Bahan pengawet yang biasa digunakan adalah sodium propionate yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kapang dan beberapa jenis bakteri. Sodium propionate efektif pada pH 5-6, dan daya pengawetannya berkurang dengan semakin tingginya pH, penambahan sodium propionate yang diperbolehkan dalam makanan maksimum 0,3% (Gunartin I, 2010).

Permen jeli memerlukan bahan pelapis berupa campuran tepung tapioka dengan tepung gula. Guna bahan pelapis ini adalah membuat permen tidak melekat satu sama lainnya dan juga menambah rasa sehingga bertambah manis. Umumnya permen dari gelatin dilapisi dengan tepung pati kering untuk membentuk lapisan luar yang tahan lama, dan menghasilkan bentuk gel yang baik (Atmadja dan Sulistijo, 2008).

Loading...
error: Content is protected !!