Klasifikasi dan Morfologi Kayu Manis

Klasifikasi dan Morfologi Kayu Manis

Kayu manis dengan nama ilmiah (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) merupakan tanaman sejenis pohon-pohonan yang dapat menghasilkan rempah-rempah. Rempah ini memiliki keunikan dari jenis rempah lainnya yaitu memiliki aroma yang khas seperti manis dan pedas.

Kayu Manis

Kayu manis sudah sejak lama digunakan sebagai bumbu makanan seperti di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Rempah-rempah jenis ini merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan oleh manusia.

Rempah kayu manis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Secara tradisional dapat dijadikan sebagai suplemen dan ditambahkan dengan madu untuk mengatasi masalah berbagai penyakit seperti radang sendi, kulit, jantung, dan masuk angin/perut kembung.

Dalam sistematika makhluk hidup, tumbuhan kayu manis dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Klasifikasi Kayu Manis

Kingdom: Plantae
Sub kingdom: Trachebionta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Laurales
Famili: Lauraceae
Genus: Cinnamomum
Spesies: (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum

Morfologi Kayu Manis

Batang kayu manis

Kayu manis merupakan tanaman pohon yang berbetang bertumbuh tegak, memiliki banyak cabang, berkayu, agak lunak, padat, memiliki serat halus, berwarna kecoklatan. Batang kayu manis juga memiliki getah yang berwarna putih dan kuning muda. Batang kayu manis yang dapat digunakan sebagai rempah-rempah adalah kulit batang kayu di bagian dalam.

Daun kayu manis

Tanaman kayu manis berdaun tipe tunggal, bentuknya lanset, bagian ujung dan pangkal daun meruncing dan pada bagian tepi daun rata. Daun memiliki ukuran panjang sekitar 4-14 cm dan lebar sekitar 1-6 cm. Ketika daun diremas dengan tangan akan mengeluarkan aruma yang khas. Daun yang masih muda berwarna merah dan akan berubah menjadi warna hijau ketika daun sudah tua.

Bunga kayu manis

Tanaman kayu menis memiliki bunga yang tumbuhnya di ketiak daun. Kayu manis berbunga majemuk, berbentuk malai, memiliki tangkai dengan panjang 4-12 mm, memiliki alat reproduksi berupa benang sari dan kepala putik. Bunga tanaman kayu manis memiliki mahkota berwarna kuning yang panjangnya mencapai 4-5 mm.

Buah kayu manis

Tanaman kayu manis juga memiliki buah. Buah tersebut merupakan hasi dari proses bertemunya benang sari dengan kepala putik. Buah tersebut digunakan sebagai alat perbanyakan diri secara generatif. Buah kayu manis memiliki ukuran panjang sekitar 1 cm. Buah yang masih muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi hitam ketika sudah tua.

Biji kayu manis

Di dalam buah terdapat biji-biji yang bentuknya bulat telur, berukuran kecil-lecil. Biji-biji tersebut berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi hitam setelah tua.

Loading...
error: Content is protected !!