Pengertian Harga

Pengertian Harga

Harga adalah suatu nilai yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk mendapatkan barang atau jasa yang memiliki nilai guna beserta pelayanannya. Tujuan Penetapan Harga adalah harga bersifat fleksibel, dimana dapat disesuaikan dengan perubahan-perubahan biaya produksi. Sebelum penetapan harga usaha proyek harus mengetahui persentasi keuntungan yang diharapkan dan penetapan harga itu sendiri apabila keuntungannya sudah jelas maka penetapan harga dapat dilakukan dengan mudah.

Harga

Harga berarti biaya perolehan bagi konsumen dan pendapatan bagi penjual. Bagi konsumen, ini merupakan biaya atas sesuatu perolehan barang atau jasa. Sedangkan bagi penjual, harga adalah pendapatan somber utama dari keuntungan.

Menurut Kotler dan Armstrong (2006:345), harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang dikeluarkan para pelanggan untuk memperoleh manfaat bagi memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa.

Menurut Fuad (2006:129), harga adalah sejumlah kompensasi (uang maupun barang, kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang dan jasa. Karena itu, penentuan harga merupakan salah satu keputusan penting bagi manajemen perusahaan. Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya yang telah dikeluarkan untuk produksi ditambah besarnya persentasi laba yang diinginkan.

Berdasarkan definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa harga adalah ukuran ganti rugi atas pertukaran produk atau jasa yang biasanya menggunakan satuan tukar dengan uang ditambah besarnya persentasi laba yang diinginkan, dengan ini asumsi bahwa pihak produsen dan konsumen memperoleh manfaat atas pertukaran tersebut. Harga khususnya merupakan pertukaran uang bagi barang atau jasa. Para konsumen untuk mendapatkan suatu harga yang pantas. Harga yang pantas sesungguhnya berarti nilai yang dipersepsikan pantas pada saat transaksi dilakukan.

error: Content is protected !!