Pengertian Pembanguanan Infrastruktur Desa

Pengertian Pembanguanan Infrastruktur Desa

Infrastruktur merujuk pada system fisik yang menyediakan transportasi, pengairan, drainase, bangunan-bangunan gedung dan fasilitas public yang lain yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi (Grigg dalam Robert J Kodoatie, 2005:8)

Pembangunan infrastruktur merupakan pendukung majunya suatu pembangunan desa, bahkan pembangunan infrastruktur merupakan kebutuhan utama masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi, pendidikan, sosial, dan sebagainya. Peran infrastruktur sendiri sebagai mediator antara system ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dengan lingkungan alam menjadi sangat penting.

Infrastruktur yang kurang atau tidak berfungsi akan memberikan dampak yang tidak baik. Misalnya terjadi pemborosan anggaran, merusak lingkungan dan sebagainya. Namun infrastruktur yang penggunaannya berlebihan atau tidak sesuai dengan kapasitas dan sasaran pengguna infrastruktur juga tidak baik, misalnya infrastruktur jalan yang dilewati oleh mobil angkutan yang muatannya berlebihan dapat merusak jalan lebih cepat.

Pentingnya suatu kesediaan infrastruktur yang memadai yang berupa kesediaan fasilitas pelayanan public baik sarana pendidikan, sarana kesehatan, rumah ibadah, listrik, jalan, jembatan, transportasi, air bersih, drainase, teknologi dan komunikasi yang bertujuan agar masyarakat dapat bergerak lebih dinamis dan mempermudah kegiatan ekonomi (Bachtiar Effendi, 2004:48).

Ketersediaan infrastruktur merupakan suatu kemudahan akses baik sosial maupun ekonomi masyarakat sehingga masyarakatpun dapat melakukan segala aktifitas sehari-hari tanpa kendala karena adanya fasilitas-fasilitas masyarakat yang memadai yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

error: Content is protected !!