Pengertian Harga Jual

Pengertian Harga Jual

Harga jual adalah sejumlah kompensasi (uang ataupun barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa. Produsen selalu menetapkan harga produknya dengan harapan produk tersebut laku terjual dan boleh memperoleh laba yang maksimal.

Harga Jual

Menurut Mulyadi (2005:78), pada prinsipnya harga jual harus dapat menutupi biaya penuh ditambah dengan laba yang wajar. Harga jual sama dengan biaya produksi ditambah kenaikan harga.

Nitisemito (2006:170), menambahkan bahwa harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang diukur dengan sejumlah uang, dimana berdasarkan nilai terrsebut seseorang bersedia melepaskan barang dan jasa yang dimiliki kepada pihak lain.

Dan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa harga jual adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan produsen untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan persentase laba yang di inginkan produsen, karena itu untuk mencapai laba yang diinginkan oleh produsen salah satu cara yang dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga yang tepat untuk produk yang terjual. Harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk suatu barang dan harga tersebut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

error: Content is protected !!