Fungsi Kepala Desa

Fungsi Kepala Desa

Sehubungan dengan pengertian fungsi Simandjuntak (2000:3) mengemukakan sebagai berikut: “Fungsi adalah besaran yang berhubungan atau besaran yang berubah”. Musanef (2004:10) menjelaskan,”Yang dimaksud dengan fungsi adalah sesuatu yang harus dijalankan dan merupakan aktivitas utama sebagai bagian atau sumbangan kepada organisasi secara keseluruhan atau bagian yang tertentu”.

Selanjtnya, Siagian (2006:155) mengemukakan, secara singkat dapat dikatakan bahwa fungsi adalah perincian dari tugas pokok. Tugas pokok suatu departemen merupakan derivation dari pada fungsi-fungsi pemerintah karena suatu departemen mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk melakukan sebagian tugas pokok pemerintah sebagai keseluruhan.

Berbicara mengenai fungsi dari seorang kepala desa dalam melaksanakan tugasnya ialah mengelola pemerintah desa yang erat kaitannya dengan penyelenggaraan pembangunan, yaitu pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik dengan tugas yang dipercayakan itu, kepala desa tenteunya dibantu oleh perangkat desa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Menurut A. W. Widjaja (1996:22) mengatakan fungsi-fungsi kepala desa tersebut adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan adalam rumah tangganya sendiri.
  2. Menggerakan pertisipasi masyarakat.
  3. Melaksanakan tugas dari pemerintah diatasnya.
  4. Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pemerintah diatasnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, fungsi kepala desa adalah:

  1. Pelaksanaan pembinaan masyarakat desa
  2. Pelaksanaan pembinaan perekonomian desa
  3. Pemeliharaan ketentraman dan ketertiban masyarakat desa
  4. Pelaksanaan musyawarah penyelesaian perselisihan masyarakat desa
  5. Penyusunan dan pengajuan rancangan peraturan desa, dan menetapkan sebagai peraturan desa bersama BPD.
error: Content is protected !!