Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat

Banyak pertanyaan yang membuat kita kesulitan mengartikan tentang masyarakat. Dan apa sebenarnya pengertian dari masyrakat itu? Menurut beberapa ahli terdapat pengertian masyarakat yaitu:

Masyarakat

Menurut Hariyono, (2007:155) “Masyarakat adalah sekelompok orang yang memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu (norma peraturan, ketentuan, ikatan dan identitas tertentu yang tinggal dikawasan tetentu). Dari kebiasaan-kebiasaan dan identitas tertentu, masyarakat dapat dikategorikan dalam berbagai kelompok, misalnya kelompok berdasarkan tempat tinggal, pekerjaan, status sosial, dan ekonomi”.

Menurut Setiadi, (2006:78) “Masyarakat adalah kumpulan orang yang didalamnya hidup bersama dalam waktu yang cukup lama. Dalam kebersamaan yang lama terjadi interaksi sosial. Selanjutnya orang-orang yang membentuk masyarakat harus memiliki kesadaran bahwa mereka merupakan satu kesatuan”.

Dari pendapat di atas penulis menyimpulkan masyarakat adalah suatu kesatuan hidup manusia yang memiliki suatu sistem kebiasaan-kebiasaan dan tata cara hidup hersama mereka menganggap diri mereka suatu kesatuan sosial.

error: Content is protected !!