Klasifikasi dan Morfologi Burung Kolibri

Klasifikasi dan Morfologi Burung Kolibri

Burung Kolibri merupakan jenis satwa burung yang terbilang paling kecil di dunia berwarna cerah dan sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Jenis burung kolibri seperti Sword Billed berada di bagian barat hutan pegunungan Andres.

Burung Kolibri

Kolibri merupakan jenis burung yang unik karena gerakan sayap yang sangat cepat dan juga dapat terbang mundur. Penerbang ulung ini mampu mengepakkan sayapnya setiap satu detik mencapai 12-80 kali. Christoper Clark merupakan peneliti dari Universitas California telah melakukan pengamatan terhadap burung kolibri betina dengan cara mengambil gambar menggunakan kamera super cepat. Kamera tersebut mampu menangkap setiap gerakan kepakan sayap burung kolbri dengan hasil mencapai 500 gambar dalam satu detiknya.

Kolibri memakan nektar atau bagian inti sari dari bunga dengan cara menghisap dengan menggunakan paruhnya yang panjang dan ramping. Nektar merupakan sumber energy terbesar bagi burung kolibri untuk tetap dapat terbang dengan cepat. Selain nektar, burung kolibri juga memakan ulat kecil dan kroto.

Kolibri juga sebagai hewan yang membantu penyerbukan silang bunga untuk proses pembuahan pada suatu tumbuhan.

Selama musim perkawinan burung kolibri jantan akan menarik perhatian kepada sang betina dengan berkicau merdu serta terbang mondar-mandir di hadapan sang betina. Sementara kolibri betina akan menarik perhatian sang jantan dengan cara terbang akrobatik seperti pesawat jet. Burung kolibro betina hanya menpu bertelur sebanyak 2 butir dengan warna putih polos.

Klasifikasi Burung Kolibri

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Upakelas: Neornithes
Infrakelas: Neognathae
(tidak termasuk): Cypselomorphae
Ordo: Apodiformes
Famili: Trochilidae, Vigors, 1825
Subfamili: Phaethornithinae, Trochilinae

Morfologi Burung Kolibri

Burung kolibri memiliki ciri-ciri morfologi seperti ukuran tubuhnya yang hanya  mencapai 6,4 cm dan memiliki warna yang cerah. Berat rata-rata burung kolibri berkisar 6 gram. Tubuh kolibri berselimutkan seribu bulu yang bergemerlapan dan memancarkan sinar warna-warni yang dapat berubah-ubah ketika burung bergerak.

error: Content is protected !!