Pengertian dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Pengertian dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi

Akuntansi sudah banyak dikenal dan diketahui baik manfaat dan kegunaannya, baik bagi para pengusaha, perusahaan, maupun instansi-instansi lain yang memerlukannya. Tetapi pada umumnya akuntansi menampakan sistem informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam perusahaan yang mana informasi berguna untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan mengendalikan perusahaan.

Informasi akuntansi yang dihasilkan dapat juga media untuk mempertanggung jawabkan kekayaan suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang tergambar dalam laporan keuangan.

Definisi akuntansi menurut Haryeno Jusup, adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Zaki Baridwan (2000 : 4), definisi Akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan data kualitatif terutama yang mempunyai sifat keuangan dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatif-alternatif dari suatu keadaan.

Didasarkan pada pengertian tersebut, maka akuntansi dapat dikatakan suatu aktivitas yang menyediakan data-data keuangan yang relevan dan dapat dipercaya. Data tersebut diproses berdasarkan prosedur yang nantinya akan digunakan oleh pihak-pibak yang berkepentingan baik dalam lingkungan intern perusahaan maupun lingkungan ekstern.

Menurut Weygant et. al (1998: 2) dalam buku Accounting is process of three activities: identifying, recording and communication the economic events of an organization (business or non business) to interest users of information.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan informasi bagi pihak yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian akuntansi sangat membantu pihak manajemen dalam pengelolaan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan cabang akuntansi yang memasok informasi yang dibutuhkan oleh para manajer guna menentukan bagaimana sumber daya diperoleh dan digunakan dalam setiap jenis bisnis, baik yang berskala besar maupun kecil.

Akuntansi manajemen merupakan salah satu jenis informasi yang sangat penting, karena ini menunjukkan satu-satunya cara menilai hasil-hasil dari berbagai aktivitas dari segi dimensi yang sama.

Kamaruddin Ahmad (2000 : 4) mendefinisikan akuntansi manajemen adalah sebagai berikut :

Akuntansi manajemen adalah penerapan teknik-teknik dan konsep yang tepat dalam pengolahan data ekonomi historikal dan yang diproyeksikan dari suatu satuan badan usaha untuk membantu manajemen dalam penyusunan rencana untuk tuiuan-tujuan ekonomi yang rasional dan dalam membuat keputusan-keputusan rasional dengan suatu pandangan ke arah pencapaian tujuan tersebut.

Definisi akuntansi

Menurut Sofyan Syafrie Harahap (1999 manajemen adalah suatu identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyajian, penafsiran, dari penyampaian informasi (baik yang bersifat keuangan atau kegiatan) yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, menilai dan mengontrol organisasi dan meyakinkan bahwa sumber kekayaan perusahaan dapat berdasarkan beberapa pendapat yang telah dikemukakan di atas, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa banyak kegiatan atau bidang akuntansi manajemen yang saling berhubungan dan terkoordinasikan, disusun dan dilaksanakan sedemikian untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tugas utama akuntansi manajemen adalah membantu manajer dalam melaksanakan fungsinya dengan cara menyatukan aplikasi dari proses akuntansi manajemen terhadap pengorganisasian perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif.

Tujuan Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen dapat dipandang sebagai suatu sistem yang mengolah masukan berupa data operasi dan data keuangan untuk menghasilkan keluaran berupa informasi akuntansi yang dibutuhkan oleh pemakai.

R. A. Supriyono (1999) menyatakan bahwa tujuan akuntansi manajemen ada dua, yaitu :

a. Tujuan Primer akuntansi manajemen adalah membantu manajemen dalam pembuatan keputusan manajemen.

b. Tujuan Sekunder akuntansi manajemen meliputi :

1). Membantu manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan.

2). Membantu manajemen dalam menjawab masalah organisasi.

3). Membantu manajemen dalam melaksanakan fungsi pengendalian manajemen.

4). Membantu memusatkan perhatian manajemen dalam melaksanakan sistem kegiatan manajemen.

Berdasarkan pendapat yang telah dikemukakan di atas, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pada prinsipnya tujuan akuntansi manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam pembuatan keputusan manajemen dan pengoperasian organisasi-organisasi perusahaan.

error: Content is protected !!