Pengertian Umbi Mikro

Pengertian Umbi Mikro

Armini, dkk (1992) menyatakan bahwa umbi mikro adalah umbi yang berukuran sangat kecil dengan bobot basah 50-150 mg/umbi yang dihasilkan secara in vitro (aseptic). Menurut Warnita (2008), jumlah umbi dipengaruhi oleh komposisi media yang digunakan. Tampak bahwa jumlah umbi tertinggi didapat pada media yang diberi alar. Pembentukan umbi mikro dibutuhkan zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai inisiator atau pendorong dalam pertumbuhan tanaman. Reterdan (alar) mampu merangsang pengumbian dengan jalan menghambat biosintesis giberelin yang berperan dalam pertumbuhan tanaman. Terhambatnya pertumbuhan mengakibatkan akumulasi asimilat pada batang dan daun sehingga mampu menginduksi terbentuknya umbi.

Umbi Mikro

Pembentukan umbi mikro dipengaruhi oleh adanya keseimbangan antara hormone perangsang dan penghambat yang ada dalam tanaman tersebut. Auksin dan giberelin secara umum diketahui sebagai hormon penghambat membentuk umbi, sedangkan untuk mempelajari proses pengumbian in vitro dapat digunakan sitokinin dan ZPT yang termasuk dalam kelompok inhibitor atau retardan (Samanhudi dkk, 2002).

Faktor penting yang mempengaruhi pembentukan umbi adalah suhu, fotoperiodisme, nitrogen, sitokinin, retardan dan inhibitor. Dalam pembentukan umbi mikro secara in vitro dibutuhkan keadaan tanpa cahaya dan suhu yang rendah (15-20 derajat selsius) (Artati, 1989). Ukuran umbi mikro menjadi indikasi keberhasilan penampilannya di lapangan. Semakin besar ukuran umbi semakin baik tampilannya di lapangan (Kawakami and Iwana, 2012).

Daftar Pustaka:

Armini, A.N.M., Wattimena dan Gunawan, L.W. 1992. Perbanyakan Tanaman Bioteknologi Tanaman Laboratorium Kultur Jaringan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Antar Universitas Bioteknologi. Intitut Pertanian Bogor. Bogor

Artati, N. 1989. Pengaruh Manipulasi Media Terhadap Efisiensi Pengumbian Mikro Kentang (Solanum tuberosum L.) Secara In Vitro. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Samanhudi, A., Yunus, A.T., Sakya, dan R.Hartati. 2002. Pengaruh Paclobutrazol dan Aspirin dalam Pembentukan Umbi Mikro Kentang (Solanum tuberosum L.) Secara In Vitro.

Kawakami J and Iwana K. 2012. Effect of potato size on the growth and yield performance of field grown plants. Plant Production Science 15 (2): 144-148.