Klasifikasi dan Morfologi Jangkrik

Klasifikasi dan Morfologi Jangkrik

Jangkrik merupakan serangga yang aktif di malam hari berkerabat dengan belalang. Hanya jangkrik jantan yang dapat mengeluarkan bunyi “krik-krik-krik”, sedangkan betina tidak berbunyi. Suara jangkrik jantan berfungsi untuk menarik perhatian jangkrik betina dan menolak jangkrik lainnya. Keadaan suhu sekitar meningkat suara jangkrik semakin keras. Terdapat 900 species jangkrik di seluruh dunia termasuk gangsir.

Jangkrik

Di Asia jangkrik sudah lama dijadikan hewan peliharaan karena dianggap bisa membawa keberuntungan. Bahkan ada juga taruhan permainan jangkrik. Brazil menganggap, bahwa rumah yang dimasukin oleh jangkrik hitam dipercaya dapat menandakan datangnya suatu penyakit.

Bagi petani jangkrik merupakan hama serius yang harus dikendalikan karena kerusakan yang ditimbulkan terhadap tanaman sangat berat dan bisa sampai kegagalan panen. Jangkrik merusak tanaman dengan cara memotong batang bibit muda yang baru ditanaman di lapangan. Sehingga tanaman akan mati total dan menimbulkan kerugian yang besar.

Bukuteori.com – Tidak menjelaskan bagaimana cara pengendalian jangrik sebagai hama, melainkan akan menjelaskan klasifikasi dan morfologi jangkrik.

Klasifikasi Jangkrik

Kingdom: Animalia
Pylum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Ortoptera
Sub Ordo: Ensifera
Famili: Gryllidae
Sub Famili: Gryllidae
Genus: Gyllids
Spesies: Jangkrik celiring (Gryllus mitratus), Jangkrik cendawang (Gryllus bimaculatus), dan Jangkrik kalung (Gryllus bimaculatus de geex) (jannah, 2000).

Morfologi Jangkrik

Di Indonesia terdapat 123 jenis jangkrik yang belom diketahui asal-usulnya dan bangsanya. Tubuh jangkrik memiliki ukuran panjang berkisar 2-3 cm, warnanya beragam, tetapi yang ditemukan berwarna coklat dan hitam.

Banyak juga masyarakat Indonesia menjadikan jangkrik sebagai ladang usaha sebagai pakan burung hias dan ikan aquarium. Jangkrik jenis ini memiliki ciri-ciri sayap dan tubuhnya berwarna kuning kemerahan, hitam legam, dan berukuran mencapai 5 cm bahkan lebih.

error: Content is protected !!