Klasifikasi dan Morfologi Kerisan (Crhysantemum)

Klasifikasi dan Morfologi Kerisan

Karisan dengan nama latin (Crhysantemum) merupakan tanaman yang berbunga indah. Bentuk yang indah dan warna yang beragam, tanaman kerisan cukup banyak digemari oleh pecinta tanaman hias. Terutama bagi wanita tanaman kerisan timun sering dijadikan penghias kamar. Banyaknya peminat akan tanaman kerisan ini, sehingga masyarakat membudidayakannya secara komersil.

Bunga kerisan: by pixabay.com

Kerisan merupakan tanaman yang tergolong ke dalam suku kenikir-kenikiran atau asteraceae yang masuk ke dalam kelompok bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

Negara Jepang menjadikan bunga kerisan sebagai bunga nasional dengan nama (kiku). Oleh masyarakat Jepang kerisan dicampur ke dalam teh untuk menambah aromatic dan lebih enak.

Klasifikasi Kerisan

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dycotyledonae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Chrysanthemum
Spesies : Chrysanthemum morifolium

Morfologi Kerisan

Akar

Tanaman kerisan memikiki sistem perakaran serabut yang menembus kedalaman tanah mencapai 30-40 cm dari permukaan tanah dan akar menyebar ke penjuru arah.

Jika tanaman kerisan tumbuh di tanah yang kurang subur, maka pertumbuhannya bisa terhambat dan kulitas bunganya buruk.

Jadi, jika ingin menaman bunga kerisan usahakan menggunakan tanah yang subur dan gembur supaya bunga mekar dengan sempurna dan indah.

Batang

Kerisan memiliki batang bertekstur lunak, tumbuhnya tegak, berwarna hijau, berbentuk bulat dan dibagian permukaan batang kasar. Batang kerisan juga bisa mengeras dan berwarna hijau kecoklatan jika dibiarkan tumbuh terus-menerus.

Daun

Tanaman kerisan memiliki daun dengan susunan pertulangan menyirip, berwarna hijau, bagian tepi daun bergerigi dan bercelah. Daun ini tersusun dibatang berselang-seling, bagian ujung daun meruncing dan pangkal daun membulat. Daun berbentuk lonjong, berukuran panjang 7-13 cm dan lebarnya berkisar 3-6 cm.

Bunga

Tanaman kerisan memikiki bunga yang tumbuh di ujung tangkai pendek maupun panjang. Terdapat dua jenis bunga kerisan seperti jenis bunga standar dan jenis bunga spray. Bunga standar adalah bunga yang tumbuh pada tangkai hanya satu dengan ukuran bunga yang besar sedangkan jenis bunga spray pada setiap tangkainya ditumbuhi 10-20 kuntum dengan ukuran yang kecil-kecil. Kelopak bunga berbentuk cawan dengan bagian ujungnya runcing serta terdapat motif garis tengah yang ukurannya berkisar 3-5 cm. Mahkota bunga kerisan berukuran 3-8 cm.

Buah

Setelah hasil penyerbukan, bunga akan berubah menjadi buah berbentuk lonjong ukurannya kecil, dan ditutupi oleh selaput buah. Buah yang masih muda berwarna putih dan buah yang tua berwarna hitam. Buah di dalamnya juga memiliki biji dengan ukuran kecil-kecil. Buah akan masak kemudian dimakan oleh hewan pemakan buah dan biji tersebar kebeberapa tempat kumudian tumbuh menjadi tanaman baru. Biji ini juga dijadikan sebagai materi tumbuh bagi pembudidaya bunga kerisan.

Loading...