Klasifikasi dan Morfologi Kencur (Kaempferia galangal L.)

Klasifikasi dan Morfologi Kencur (Kaempferia galangal L.)

Tanaman kencur merupakan golongan rimpang yang memiliki manfaat untuk tubuh manusia. Tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai bumbu rempah penyedap masakan. Sebagai obat, kencur memiliki khasiatnya untuk mengatasi masalah kesehatan seperti: batuk, kembung, mual, gangguan pencernaan, anti implamasi, antiseptic, sakit kepala, kurang nafsu makan dan lain lain.

Kencur

Bagi anak-anak yang kurang nafsu makan, kencur merupakan bahan herbal yang tepat untuk mengatasinya dengan diolah menjadi jamu beras kencur atau sirup sebagai stimulan penambah nafsu makan.

Jamu tradisional, kencur diolah dan dijual menjadi beras kencur yang dijual oleh wanita yang biasa disebut jamu gendong. Selain itu juga sebagai ungkapan “masih bau kencur” yang artinya “belom punya pengalaman.

Kencur berasal dari India dan penyebarannya sangat luas. Sebaran budidaya kencur terdapat di daerah Asia Tenggara, Cina Selatan, Nusantara, Maluku dan Australia Utara.

Klasifikasi kencur

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Zingiberales
Famili : Zingiberaceae
Upafamili : Zingiberoideae
Genus : Kaempferia
Spesies : K. galangalMorfologi Kencur

Akar

Kencur memiliki akar yang tumbuh berdampingan dengan rizhome atau rimpang. Akar tumbuh secara bergerombol memiliki cabang dan terdapat serabut berwarna putih. Akar berwarna coklat dan agak keras berbeda dengan rhizome atau rimpang.

Batang

Kencur tanaman yang tidak memiliki batang dan hanya memiliki rhizome bercabang dengan warna hitam dan mampu tumbuh mencapai panjang 30-70 cm, hidupnya secara perennial. Bagian akar membentuk umbi dengan warna daging bagian dalam putih kekuningan. Umbi tersebut berbentuk bulat atau memanjang dan juga memiliki bau yang khas dan aromatic.

Daun

Kencur memiliki daun yang dapat tumbuh di dalam tanah dan di permukaan tanah. Daun berwarna hijau, tumbuhnya mendatar berbentuk elips atau bulat memanjang. Jumlah daun yang tumbuh berkisar 2-3 helai lebih dari itu ada, tapi jarang ditemukan.

Bunga

Tanaman kencur memiliki bunga majemuk berwarna putih, mahkota berjumlah 4 helai dan memiliki tangkai yang ditumbuhi beberapa daun kecil dengan panjang 2-3 cm. Tangkai bunga memiliki cabang api yang tumbuhnya lebih dari satu dengan panjang sekitar 5-7 cm dan berbentuk built beruas. Bagian bibir bunga terdapat lembayung berwarna putih yang lebih dominan.

Umbi

Kencur memiliki rizhome yang tumbuh di dalam tanah secara berkelompok dan bercabang. Kulit ari umbi berwarna coklat tetapi dibagian dalamnya berwarna putih. Aroma umbi kencur ini sangat khas dan aromatic. Umbi yang masih muda akan memiliki banyak kandungan air dibandingkan dengan umbi yang sudah tua memiliki kandungan air yang sedikit.

error: Content is protected !!