Klasifikasi dan Morfologi Mawar (Rosa sp)

Klasifikasi dan Morfologi Mawar (Rosa sp)

Mawar merupakan tanaman yang memiliki mahkota bunga yang indah dengan berbagai macam warna dan aroma. Wangi dan mahkotanya yang indah, bunga mawar banyak disukai oleh kaum wanita. Pada perayaan Valentine bunga mawar sering dijadikan hadiah dari seorang pria untuk wanita sebagai lambang kekuatan cinta.

pixabay.com

Ada 100 jenis mawar liar yang tersebar diseluruh penjuru utara. Tumbuh liar dengan batang yang berduri dan tinggi tanaman dapat mencapai 2-5 meter. Walaupun belum pernah ada ditemukan, namun tinggi tanaman mawar ada yang mencapai 20 meter dengan merambat tanaman lain.

Batang mawar memiliki duri pengait yang berfungsi untuk memanjat pada tanaman lain. Selain itu juga ada mawar memiliki duri seperti jarum yang berfungsi untuk pertahanan diri dari gangguan mahkluk lain.

Hasil ekstrasi bunga mawar dari proses penyulingan berupa minyak atsiri dapat dijadikan produk parfum. Bunga mawar juga dapat dijadikan teh, jeli dan selai. Berukut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman bunga mawar:

Klasifikasi tanaman mawar

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dycotyledoneae
Ordo : Rosidales
Famili : Rosaceae
Genus : Rosa
Spesies : Rosa alba L
Nama Lokal : Mawar putih
Morfologi tanaman mawar

Akar

Sitem perakaran bungan mawar adalah serabut dengan bentuknya bulat memanjang berwarna coklat muda bercampur dengan coklat tua. Akar yang rimbun menyerabut sehingga disebut akar serabut. Fungsi akar sebagai alat bagi tanaman untuk menyerap unsur hara, air dan penopang tubuh.

Batang

Memiliki batang bulat memanjang yang tumbuhnya tidak baraturan memiliki duri, berwarna hijau lumut, bercampur coklat dan abu-abu. Batang mawar sebagai tempat kedudukan bunga, cabang, dan daun. Ada 2 macam bentuk duri pada bunga mawar yaitu berbentuk seperti pengait dan berbentuk jarum. Fungsi duri bentuk pengait pada batang adalah untuk memanjat pada tanaman lain. Sedangkan duri berbentuk jarum digunakan untuk alat pertahanan dari makhluk lain.

Daun

Tanaman mawar berdaun majemuk yang dimana pada setiap cabangnya terdiri dari 5-9 anakan daun. Daun memikiki ukuran panjang berkisar 2-3 cm, berbentuk oval, dan bergerigi. Warna daun hijau muda dan juga hijau tua pada bagian tepinya tidak jarang ditemukan warna merah. Fungsi dari daun tersebut digunakan untuk proses fotosintesis.

Bunga

Bunga mawar tergolong dalam bunga majemuk yang dimana susunan bunganya terkumpul dalam satu ruang yang tumbuh di atas benang sari dan putik. Satuan dari susunan bunga majemuk disebut juga floret. Bentuk mahkota bunga hampir bulat dan tersusun atas 20-25 lapis dan juga ada yang lebih tergantung dari jenisnya. Warna bunga sangat beragam tetapi yang sering ditemui berwarna merah, merah muda, putih dan kekuningan.

Bunga dijadikan sebagai alat berkembang biakan tanaman karena di dalam bunga telah terjadi proses penyerbukan untuk membentuk buah yang mengandung biji.

Buah

Buah berbentuk kapsul dan memiliki kandungan vitamin C. Buah mawar disukai oleh burung pemakan buah dan membantu dalam penyebaran biji.

error: Content is protected !!