Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lavender

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lavender

Lavender merupakan tanaman yang berbunga indah dan memiliki aruma khas. Tanaman ini sangat cocok dijadikan penghias taman atau tanaman hias. Lavender dikenal sebagai tanaman anti nyamuk yang biasa dikenal melalui iklan di televisi. Selain anti nyamuk, lavender juga berkhasiat dalam menyembuhkan luka, merawat kulit, dan aromanya yang khas dapat meredam kecemasan.

By pixabay.com

Tanaman ini berasal dari wilayah Selatan Laut Tengah sampai Afrika Tropis dan ke Timur sampai India. Termasuk tumbuhan semak pendek, rumput-rumputan, semak kecil dan tumbuhan menahun. Tumbuhan ini tersebar keberbagai daerah seperti Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Prancis selatan), Arabia, dan India.

Dikembangkan di luar dari daerah asalnya, tanaman ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, kuliner, dan ekstrak minyak atsiri untuk keperluan industri baik kecantikan maupun obat-obatan.

Bukuteori.com – Menjelaskan klasifikasi dan morfologi tanaman lavender

Klasifikasi lavender

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivision : Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliposida
Subclass : Asteridae
Ordo : Lamiales
Family : Lamiaceae
Genus : Lavandula
Spesies : Lavandula angustifolia Mill.

Morfologi lavender

Akar

Lavender memiliki system perakaran tunggang namun dibagian sisinya ditumbuhi juga akar samping yang juga disebut akar serabut. Panjang akar mencapai 1-2 m, berwarna putih sampai kecoklatan. Akar tanaman lavender berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan air dari dalam tanah serta sebagai penyokong tubuhnya agar tetap berdiri tegak.

Batang

Tanaman lavender tergolong tanaman semak pendek dengan percabangan yang banyak. Tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah dengan ketinggian tempat berkisar 1400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kualitas minyak atsiri lavender akan semakin baik jika tempat tumbuhnya barada di dataran yang lebih tinggi.

Tanaman ini mampu tumbuh mencapai tinggi 60 cm, batang berkayu dengan percabangan yang banyak. Batang berbentuk bulat berdiameter 3-4 mm serta tumbuhnya tegak.

Daun

Daun tanaman ini tersusun tulang yang sejajar dengan ujung daunnya meruncing dan tepinya bergerigi. Bentuk daun bolat oval berwarna hijau muda sampai tua dan bagian permukaan halus.

Bunga

Bunga lavender tersusun pada tangkai berbentuk spiral, berwarna ungu kebiruan, ukurannya kecil-kecil. Kumpulan bunga tersusun pada tangkai dengan jumlah 6-10 kuntum dan memiliki aruma wangi yang khas. Bunga juga dilapisin oleh bulu-bulu halus yang berwarna putih.

Bunga lavender memiliki kandungan minyak atsiri. Sehingga bunga diekstrak untuk mendapatkan minyak atsirinya dan dimanfaat untuk kebutuhan industri. Berbagai macam produk yang dihasilkan misalnya: obat anti nyamuk, parfum pakaian, body lotion dan produk lainnya.

error: Content is protected !!