Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tulip

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tulip

Tulip merupakan tanaman yang berbunga indah dengan berbagai macam warna serta aroma wanginya. Keindahan warna bunganya sangat menyegarkan mata, bunga ini sangat disukai oleh kaum hawa. Tanaman ini sangat terkenal dengan negara Belanda. Karena negara tersebut sebagai penghasil bunga tulip terbesar di dunia.

By Pixabay.com

Bunga tulip termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Asal tanaman ini dari Asia Tengah, tumbuh liar di wilayah pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negara Iran dan Turki menjadikan tulip sebagai bunga nasional.

Perlu diketahui bahwasannya banyak pecinta tulip yang mencari motif bunga yang langka. Motif bunga yang dicari seperti adanya goresan kuas pada mahkota. Motif langka tersebut sebenarnya karena tanaman tulip terjangkit virus mosaic. Infeksi virus tersebut yang membuat motif langka pada mahkota bunga, meskipun tanaman menderita dan perlahan akan mati. Tetapi sekarang ini, virus mosaik mulai terancam punah dari ladang tulip yang menyebabkan sulit terbentuknya motif indah pada mahkota bunga.

bukuteori.com – Menjelaskan klasifikasi dan morfologi bunga tulip

Klasifikasi bunga tulip

KINGDOM : Plantae (Tumbuhan)
SUB KINGDOM : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
SUPER DIVISI : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
DIVISI : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
KELAS : Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)
SUB KELAS : Lilidae
ORDO : Liliales
FAMILI : Liliceae
GENUS : Tulip L.

Morfologi bunga tulip

Batang

Tanaman bunga tulip memiliki batang berkayu dengan berdiri tegak, berwarna hijau atau abu-abu tua. Batang tanaman berukuran berkisar 10-70 cm, sangat beragam tergantung dari jenis varietasnya.

Daun

Daun tanaman berbentuk menyempit panjang berbentuk lanset, dilapisin lilin. Bagian bawah permukaan daun terdapat bulu-bulu halus. Pertulangan daun tanaman tulip berupa bachidodromus. Tanaman muda memiliki warna daun hijau tua dan pada saat musim gugur daun akan berubah menjadi kekuningan.

Bunga

Bunga tulip memiliki mahkota dengan berbagai macam warna dari warna tunggal sampai warna bermotif. Mahkota bunga tersusun dari 6 helai. Persilangan tanaman ini akan menghasilkan warna tunggal seperti merah, kuning, dan ungu. Namun bagi para tulip mania bunga yang paling indah adalah yang warna mahkotanya berkombinasi atau bermotif.

Bunga merupakan alat reproduksi tanaman tulip karena terjadi penyerbukan kemudian membentuk buah kapsul yang mengandung biji untuk perkembangbiakan.

Biji

Biji kecil terbungkus oleh kapsul dan bentuknya bulat pipih. Kapsul akan pecah dan menyebarkan biji, kemudian biji akan jatuh pada tanah yang subur dan akan tumbuh menjadi tanaman baru.

Loading...