Syarat Tumbuh Tanaman Buncis

Syarat Tumbuh Tanaman Buncis

Buncis merupakan tanaman polong yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Masyarakat Indonesia mengolah buncis menjadi tumisan. Tanaman ini masih banyak diminati sehingga petani masih banyak yang membudidayakan.

Buncis

Agar hasil panen melimpah dengan kualitas tinggi, sebaiknya petani harus mengetahui syarat tumbuh tanaman ini. Pasalnya buncis membutuhkan tempat tumbuh yang sesuai agar fungsi fisiologisnya dapat berjalan dengan sempurna. Jika ditanam pada tempat yang tidak sesuai dengan kondisi lingkungan yang dibutuhkan, maka pertumbuhannya menjadi terhambat dan hasil panen sedikit serta rendahnya kualitas.

bukuteori.com – Akan menjelaskan syarat tumbuh pada tanaman buncis. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Syarat tumbuh

Iklim

Banyak tanah yang cocok untuk pertanaman buncis di daerah yang beriklim basah sampai kering dengan ketinggian tempat yang bervariasi.

Umumnya tanaman buncis tidak membutuhkan curah hujan khusus, namun curah hujan yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya adalah berkisar antara 1500-2500 m dpl.

Tanaman buncis membutuhkan sinar matahari yang banyak. Jumlah intensitas sinar matahari yang baik bagi tanaman pada umumnya berkisar antara 400-800. Karena buncis membutuhkan sinar matahari yang banyak sehingga tidak memerlukan naungan.

Pada dasarnya tanaman buncis membutuhkan suhu yang ideal berkisar antara 20-25 derajat selsius. Apabila suhu <20 derajat selsius maka proses fotosintesis akan terganggu sehingga pertumbuhannya terhambat dan menghasilkan polong sedikit. Sementara suhu yang >25 derajat selsius akan menyebabkan proses pernapasan yang berlebih yang dapat mengurangi proses fotosintesis sehingga banyak polong yang hampa.

Kelembaban udara yang dibutuhkan tanaman buncis kurang lebih 55% (sedang).

Tanah

Media tanah yang baik untuk pertanaman buncis adalah tanah yang sehat banyak mengandung bahan organik, gembur, remah, subur dan permeabilitasnya tinggi serta cukup air. Contoh jenis tanah yang baik bagi tanaman buncis adalah andosol dan regosol.

Derajat keasaman tanah yang diperlukan tanaman buncis berkisar antara pH 5,5-6. Jika pH tanah <5,5 maka proses penyerapan unsur hara akan terganggu. Alumunium, besi, dan mangan jika unsur tersebut sangat tinggi maka akan menyebabkan tanaman menjadi keracunan.

Ketinggian tempat yang baik untuk pertanaman buncis berkisar antara 1000-1500 m dpl. Tidak sedikit pula buncis ditanam pada ketinggian tempat 300-600 m dpl. Terdapat hasil penelitian dari buncis yang dibudidayakan pada ketinggian tempat 200-300 m dpl dan hasilnya memuaskan.

error: Content is protected !!