Hama yang Menyerang Tanaman Timun

Hama yang Menyerang Tanaman Timun

Membudidayakan tanaman timun masih cukup diminatai oleh petani Indonesia karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Namun, dalam budidaya timun tak luput dari serangan hama. Oleh sebab itu, petani harus mengenal berbagai macam hama yang menyerang tanaman timun tersebut. Bertujuan, agar dapat terhindar dari kegagalan panen.

Artikel ini dibuat untuk memudahkan para petani timun dalam mengenal hama apa saja yang berpotensi menyerang timun. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Timun

Hama Tanaman Mentimun

Di dalam areal pertanaman timun sering kali ditemukan berbagai macam hama seperti: Kutu daun yaitu Kutu Kebul ( Bemicia Tabaci ), Thrips dan Aphids, Ulat grayak ( Spodoptera Litura ), Pengorok Daun ( Liriomyza sp. ), Tungau/Mite/Cambuk Merah dan Kumbang Daun.

Kutu daun

Hama yang tergolong kutu daun menyerang timun dengan cara menghisap cairan yang terkandung di dalam daun tanaman. Gejala yang ditimbulkan dari kelompok hama ini yaitu, daun yang terserang akan menggulung dan keriting, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman serta tidak normal dalam pertumbuhannya.

Ulat grayak

Sasaran serangan ulat grayak lebih ke daun dan buah yang masih muda. Stadium ulat grayak yang aktif menyerang adalah pada stadium larva.

Ulat tanah

Ulat tanah menyerang tanaman menyasar pada persemaian dan tanaman yang baru ditanam di lapangan. Ulat tanah menyerang tanaman dengan cara memotong bagian batang paling bawah yang dekat dengan permukaan tanah.

Penggorok daun

Tanda-tanda keberadaan hama penggorok daun ini dapat diamati adanya bekas korokan pada daun. Hama ini menyerang tanaman timun dengan cara menggorok daun. Gejala yang ditimbulkan terlihat pada daun dengan alur yang tidak beraturan. Akibatnya, pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan daun menjadi kering.

Tungau merah

Tungau merah biasanya hidup pada bagian permukaan bawah daun muda. Hama tungau meusak dengan cara menghisap cairan dalam daun sehingga menjadi keriting, menjadi warna kuning dan akhirnya daun mengering.

Kumbang daun

Kumbang daun sangat merusak tanaman yang ditandai dengan adanya lubang-lubang pada daun. Hama ini merusak dengan cara memakan daun baik bagian atas ataupun bagian bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.