Jenis-Jenis Kerang

Jenis-Jenis Kerang

Kerang adalah salah satu hewan lunak (Mollusca) kelas Bivalvia atau Pelecypoda. Secara umum bagian tubuh kerang dibagi menjadi lima, yaitu kaki (foot byssus), kepala (head), bagian alat pencernaan dan reproduksi (visceral mass), selaput (mantle), dan cangkang (shell). Pada bagian kepala terdapat organ-organ syaraf sensorik dan mulut. Hudaya (2010) mengemukakan bahwa kerang merupakan sumber bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena mengandung protein dan lemak.

a. Kerang Bulu (Anadara antiquata)

Kerang bulu pada umumnya hidup di perairan berlumpur dengan tingkat kekeruhan tinggi (Suwignyo, 2005). Memiliki cangkang dengan belahan yang sama melekat satu sama lain. Klasifikasi kerang bulu adalah sebagai berikut (Yusefi, 2011).

Kingdom : Animalia                                                                                                                                                  Phylum : Mollusca
Class : Bivalvia
Ordo : Taxodanta
Family : Arcidae
Genus : Anadara
Spesies : Anadara antiquata

Kerang darah (Anadara granosa) dan kerang Bulu (Anadara antiquata) adalah family arcidae dan genus Anadara. Secara umum kedua kerang ini memiliki ciri morfologi yang hampir sama. Cangkang memiliki belahan yang sama melekat satu sama lain pada batas cangkang. Perbedaan dari kedua kerang ini adalah morfologi cangkangnya. Kerang bulu (Anadara antiquata) memiliki cangkang yang ditutupi oleh rambut-rambut serta cangkang tersebut lebih tipis daripada kerang darah (Anadara granosa). Kerang darah memiliki cangkang yang lebih tebal, lebih kasar, lebih bulat, dan bergerigi dibagian puncaknya serta tidak ditumbuhi oleh rambut-rambut. Kerang bulu pada umumnya hidup di perairan berlumpur dengan tingkat kekeruhan tinggi.

b. Kerang Kerek (Gafrarium tumidum)

Kerang kerek (G. Tumidum) termasuk ke dalam famili Veneridae, kelas Bivalvia. Secara lengkap klasifikasi Gafrarium tumidum menurut Lamprell dan Whitehead (1992) dan Poutiers (1998) adalah sebagai berikut:

Fillum : Mollusca
Kelas : Bivalvia
Subkelas : Heterodonta
Ordo : Veneroida
Famili : Veneridae
Genus : Gafrarium
Spesies : Gafrarium tumidum Roding, 1798

Kerang kerek memiliki bentuk cangkang yang tebal dan garis pertumbuhan yang menonjol untuk melindungi tubuhnya dari tekanan lingkungan dan gangguan predator (Kira 1981, Kurihara 2003). Kerang ini memiliki umbo yang tebal, rendah dan berbentuk bulat serta pallial sinus sangat dangkal gigi kardinal pada setiap cangkang. Selain itu, gigi lateral anterior berkembang dengan baik, satu di cangkang bagian kiri dan dua di cangkang bagian kanan, dipisahkan oleh lekukan yang dalam. Ukuran cangkang maksimum mencapai 4 cm, namun ukuran rata-rata adalah 3 cm. Habitatnya di pantai berpasir dan berlumpur, di daerah intertidal dan sublitoral hingga kedalaman sekitar 30 meter (Poutiers 1998).

c. Kerang Kampak (Atrina pectinata)

Menurut Hayward et al. (1990) klasifikasi Atrina pectinata adalah sebagai berikut:

Filum :Mollusca
Kelas :Bivalvia                                                                                                                                                          Subkelas :Pteromorphia
Ordo :Mytilidae
Famili :Pinnidae
Genus :Atrina
Spesies :Atrina pectinata

Atrina pectinata atau kerang kampak termasuk anggota familia pinnidae yang memiliki ciri khusus cangkang berbentuk trigonal, agak memanjang, memiliki ukuran sampai 37 cm x 20 cm, berwarna kuning namun bagian pangkal berwarna kecoklatan, dan sangat tipis pada bagian periostracum. Bagian posterior cangkang kerang bertekstur kasar atau berambut, terdiri atas relief konsentris yang kurang jelas, kaki mengalami reduksi atau tidak ada (Dura, 1997).

Kerang kampak umumnya hidup subur pada pantai berpasir atau berbatu dengan perantaraan byssal thread, atau diantara rumput laut dengan cahaya dan pergerakan air yang cukup, kadar garam yang tidak terlalu tinggi, dan biasanya menempel pada batu-batu karang dengan hidup bergerombol (Setyobudiandi, 1977).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *