Kegiatan Promosi Dalam Perpustakaan

Kegiatan Promosi Dalam Perpustakaan

Upaya promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan citra perpustakaan dimata masyarakat. Berbagai kegiatan ini dapat dilakukan untuk menarik perhatian pengguna di antaranya :

  1. Pameran adalah salah satu bentuk kegiatan perpustakaan untuk menarik perhatian banyak orang. Pameran juga merupakan cara yang paling jitu untuk mempublikasikan keberadaan perpustakaan kepada pengguna dan calon pengguna.
  2. Ceramah dan seminaradalah suatu kegiatan dimana ada satu atau beberapa orang yang berbicara di depan sejumlah peserta pada suatu waktu dan tempat tertentu mengenai suatu topik tertentu.
  3. Bercerita Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong pengguna perpustakaan untuk memanfaatkan koleksi dan layanan melalui suatu cerita.
  4. Bazar adalah suatu kegiatan jual beli barang pada suatu tempat tertentu dan waktu tertentu dan bukan pada tempat yang biasanya dilakukan proses jual beli.
  5. Lombadan kuis dapat dijadikan sarana promosi untuk menarikperhatian masyarakat.
  6. Wisata Perpustakaan adalah kegiatan untuk mengajak serombongan orang untuk berkeliling perpustakaan guna melihat semua sudut di perpustakaan bahwa disana ada petugas perpustakaan yang memberi penjelasan mengenai koleksi, fasilitas yang ada, cara-cara menggunakan fasilitas itu serta bagaimana menemukan informasi dan apa manfaatnya bagi mereka. Memutar Film dan Video Kaset Pemutaran film dan video dapat disajikan pada orang atau rombongan orang yang berkunjung ke perpustakaan. Tayangannya dapat disajikan secara berkala dan terjadwal, dapat diumumkan waktu dan tempatnya (Mustafa, 1996 : 123-130)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *