Permasalahan Dalam Budidaya Aren

Permasalahan Dalam Budidaya Aren

Aren telah lama dibudidayakan oleh masyarakat di Indonesia dan telah diketahui manfaat ekonominya sejak dahulu kala.Saat ini produk utama tanaman aren adalah nira hasil penyadapan dari bunga jantan yang dijadikan gula aren/ gula merah maupun minuman ringan, cuka dan alkohol. Selain itu tanaman aren dapat menghasilkan produk makanan seperti : kolang kaling dari buah betina yang sudah masak dan tepung aren untuk bahan makanan dalam bentuk kue, roti dan biskuit yang berasal dari pengolahan bagian empelur batang tanaman dan ijuknya digunakan untuk sapu dan penyaring air sumur.

Manfaat aren secara ekonomi tidak hanya pada produknya yang bernilai tetapi juga pada penyerapan tenaga kerja dan tumbuhnya industri rumah tangga di tingkat petani.Dengan demikian pengelolaan tanaman sampai pada pemungutan hasil dan produk akhir aren dari waktu kewaktu masih dilakukan secara tradisional.Padahal sentuhan teknologi dan cara-cara baru dapat meningkatkan hasil panen masyarakat dan adanya temuan produk akhir yang bernilai ekonomi lebih tinggi dapat meningkatkan daya tarik tanaman aren ini menjadi tanaman yang lebih berharga dengan demikian dapat meningkatkan variasi produk dan penghasilan masyarakat.

Di Simalungun, aren tumbuh secara alami karena belum ada upaya untuk budidaya. Menurut Nasution (2009), aren berproduksi antara tujuh sampai dua belas tahun. Waktu yang sangat lama untuk berproduksi jika dibandingkan dengan beberapa komoditi perkebunan lainnya.Keadaan ini membuat masyarakat berfikir untuk membudidayakan aren apalagi harus menebang tanaman sawit atau karet yang ada dan menggantinya dengan tanaman aren yang masih muda dan belum berproduksi.Kegagalan budidaya aren juga disebabkan oleh informasi yang minim tentang aren, baik dari hasil penelitian maupun literatur yang ada.Hal ini menyebabkan penyuluh pertanian sebagai penyampai informasi tidak dapat berbuat banyak untuk membina masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *