Syarat Tumbuh Tanaman Rosella

Syarat Tumbuh Tanaman Rosella

Iklim

Tanaman rosela tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian kurang dari 600 meter diatas permukaan laut dan semakin tinggi dari permukaan laut pertumbuhan rosela akan terganggu. Rosela dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis dengan suhu rata- rata bulanan 24-32 derajat selsius namun rosela masih dapat toleran pada suhu kisaran 10-36 derajat selsius untuk menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, rosela memerlukan waktu 4-5 bulan dengan suhu malam tidak kurang dari 21 derajat selsius (Mardiah, et al., 2009).

Rosella membutuhkan curah hujan bulanan berkisar 130-250 mm dalam tiga sampai empat bulan pertama pertumbuhan. Cuaca kering baik ditoleransi, dan diinginkan dalam bulan terakhir pertumbuhan. Hujan atau kelembaban tinggi pada saat panen dan pengeringan kali dapat menurunkan kualitas calyces dan mengurangi hasil. Rosella sangat sensitif terhadap perubahan panjang hari. Fotoperiodisme ini membutuhkan waktu tanam harus diatur sesuai dengan panjang hari daripada persyaratan curah hujan (Mohamed et al., 2012).

Tanah

Berbagai jenis tanah dapat ditanami rosela, terutama struktur yang dalam, bertekstur ringan dan berdrainase baik.Rosela toleran terhadap tanah masam dan agak alkalin, tetapi tidak cocok ditanam di tanah salin atau berkadar garam tinggi. Kemasaman tanah (pH) optimum untuk rosela adalah 5,5-7 dan masih dapat toleran pada pH 4,5-8,5. Selain itu, rosela tidak tahan terhadap genangan air (Mardiah, et al.,., 2009).

Struktur tanah yang baik untuk budidaya tanaman rosela adalah yang berstruktur remah atau gembur dan tanah mudah mengikat air. Tanah yang baik untuk tanaman adalah tanah yang banyak mengandung bahan organik dan banyak organisme tanah yang dapat menguraikan bahan organik (Widyanto dan Nelistya, 2008).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *