Pengertian Danau

Pengertian Danau

Danau adalah badan air pedalaman yang tidak memiliki pertukaran langsung dengan laut. Ekosistem danau terdiri dari fisik, kimia dan biologi yang ada di badan air tersebut. Danau terdiri dari air tawar dan air garam (di daerah kering). Danau bersifat dalam maupun dangkal, permanen atau sementara. Pada semua jenis danau mengalami proses ekolodi dan biogeokimia dan danau dikaji dalam ilmu limnologi Danau merupakan habiat yang bagus untuk penelitian dinamika ekosistem: interaksi antara proses biologi, kimia dan proses fisik baik secara kuantitatif maupun kualitatif, perbedaan antar di udara dan di darat. Karena baatas air dan tanah, air dan udara berbeda, ada pengelompokan pada beberapa komponen ekosistem (Hairston dan Fussman, 2002).

Danau dicirikan dengan arus yang sangat lambat (0,001 – 0.01 m/detik) atau tidak ada arus sama sekali. Oleh karena itu, waktu tinggal (residence time)air dapat berlangsung lama. Arus air di danau dapat bergerak ke berbagai arah. Perairan danau biasanya memiliki stratifikasi kualitas air secara vertical. Stratifikasi ini tergantung pada kedalaman dan musim (Effendi, 2003).

Danau merupakan salah satu bentuk ekosistem perairan air tawar, dan berfungsi sebagai penampung dan menyimpan air yang berasal dari air sungai, mata air maupun air hujan. Sebagai salah satu bentuk ekosistem air tawar, danau memegang peranan sangat penting dan potensial untuk dikembangkan dan didayagunakan untuk berbagai kepentingan, seperti kepentingan ekonomi, perikanan, irigasi, sumber air bersih dan pariwisata. Dari sisi ekologi, danau juga berperan sebagai penyangga bagi kehidupan sekitarnya, dan memilii kekayaan keanekaragaman hayati yang potensial bagi kesejahteraan masyarakat (Ginting, 2009).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.