Pengertian Green Marketing

Pengertian Green Marketing

Green Marketing

Green marketing berkembang seiring dengan adanya gerakan konsumen hijau diseluruh dunia, gerakan konsumen hijau yaitu sebuah gerakan moral dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup supaya lebih layak huni, inti dari gerakan ini adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat yang sebelumnya kurang atau bahkan tidak peduli terhadap lingkungan menjadi peduli pada lingkungan.

Green marketing pada intinya menggambarkan pemasaran suatu produk yang didasarkan pada kinerja lingkungan. Menurut Lampe dan Gazda, 1995 (Setiyaningrum et all, 2015:309) green marketing didefinisikan sebagai respon pemasaran terhadap pengaruh lingkungan yang berasal dari perancangan, produksi, pengemasan, pelabelan, penggunaan, dan pembuangan barang atau jasa.

Menurut Coddington (1993: 297-302) yang dimaksud dengan green marketing adalah segala aktivitas pemasaran dengan bertanggungjawab terhadap lingkungan, yaitu dengan seminimum mungkin memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan.

Mintu (1993) (Lozada 2000) mendefenisikan pemasaran hijau (green marketing) sebagai “aplikasi dari alat pemasaran untuk memfasilitasi perubahan yang memberikan kepuasan organisasi dan tujuan individual dalam melakukan pemeliharaan, perlindungan, dan konservasi pada lingkungan fisik”.Ottman (2006: 22-36) mengemukakan bahwa dimensi green marketing, dengan mengintegrasikan lingkungan ke dalam semua aspek pemasaran pengembangan produk baru (green product) dan komunikasi (green communication).

Melaksanakan pemasaran hijau berarti memasukkan pertimbangan lingkungan dalam semua dimensi aktivitas yang dilakukan perusahaan. Pemasaran hijau merupakan pemasaran berkelanjutan untuk mengantisipasi kekuatan konsumerisme yang terus mengalami perkembangan pesat, pendekatan pemasaran berkelanjutan lebih berfokus pada pemasaran yang berkelanjutan lebih berfokus pada pemasaran alternatif dan berdasarkan ide bahwa perusahaan seharusnya mengintegrasikan tujuan ekonomi, tujuan sosial kemasyarakatan, dan tujuan lingkungan dalam menjalankan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *