Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Edelweis

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Edelweis

Tanaman Edelweis merupakan tanaman yang berasal dari zona Alpina/Montana di berbagai pegunungan tinggi. Saat ini tanaman edelweis dikategorikan sebagai langka.

Edelweis dapat tumbuh di hutan pegunungan dan mampu bertahan hidup di atas tanah yang tandus. Oleh sebab itu, edelweis bagi masyarakat lokal disebut juga bunga abadi karena kelebihannya yang mampu hidup di tanah tandus.

Edelweis memiliki bunga yang mekar di antara bulan April dan Agustus, mahkota bunganya sangat indah dan disukai oleh serangga. Edelweis juga disukai oleh para pengunjung/pendaki gunung, sehingga banyak bagian-bagian dari edelweis dipetik dan dibawa pulang sebagai kenangan, oleh-oleh, urusan spiritual dan dijadikan tanaman penghias rumah. Hal inilah yang mengakibatkan tanaman edelweis menjadi punah.

Jika beruntung tanaman ini dapat dijumpai di daerah, seperti, Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-Alun Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

Klasifikasi Edelweis

Kingdom : Plantae
Super divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub kelas : Asteridae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Anaphalis
Spesies : Anaphalis javanica

Morfologi Edelweis

Akar edelweis

Tanaman edelweis memiliki perakaran yang merambat di atas permukaan tanah. Dalam bertahan hidup tanaman ini juga bersimbiosis dengan tanaman lain atau sebagai tanaman epifit untuk membantuk memperluas penyerapan air dan unsur hara dalam tanah.

Daun edelweis

Daun tanaman edelweis berwarna putih, memiliki bulu, bentuk seperti tombak, pertulangan menyirip, memiliki tangkai yang berukuran sekitar 3-20 cm/lebih.

Bunga edelweis

Tanaman edelweis memiliki bunga dengan jumlah kepala bunga 506 kuntum berukuran sangat kecil dan berwarna kuning. Penyerbukan bunga dibantu oleh angin atau pun serangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.