Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Guppy

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan saat ini ikan ini sangat populer sebagai ikan hias dibanding dengan jenis ikan air tawar lainnya. Ikan guppy sangat mudah menyesuaikan diri dan berkembang biak sehingga di Indonesia ikan ini mudah ditemukan di parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias Guppy biasa disebut guppy atau millionfish.

Guppy sangat mudah berkembang biak dengan masa kehamilan sekitar 21-30 hari (rata-rata 28 hari) tergantung dari suhu airnya. Suhu air yang ideal untuk membiakan guppy adalah sekitar 27 derajat selsius (72 derajat farenhait). Ikan guppy ini tidak bertelur, tetapi mengandung dan melahirkan anaknya. Seekor induk guppy melahirkan anak berkisar antara 2-100, namun kebanyakan antara 5-30 ekor saja.

Klasifikasi Ikan Guppy

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cyprinodontiformes
Famili: Poeciliidae
Genus: Poecilia
Spesies: Poecilia reticulata (Peters, 1859)

Morfologi Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan ikan hias dengan ukuran tubuh paling kecil dengan ikan hias jenis lainnya. Di akuarium, tubuh ikan guppy mampu mencapai 60 mm, sedangkan di alam liar tubuh ikan guppy kebanyakan hanya mempu mencapai 35 mm saja.

Tubuh Guppy betina lebih besar dari pada tubuh guppy jantan. Warna tubuh ikan guppy sangat beragam di mulai dari warna merah, kebiruan, kekuningan, silver, dan kombinasi warna lainnya. Hanya guppy jantan yang memiliki keanekaragaman warna tubuh yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.