Varises

Varises

Pengertian varises adalah keadaan pembuluh darah vena yang melebar dan membengkak umumnya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Pada kaki varises terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua yang bentuknya menyerupai simpul atau seperti urat.

Varises ini bisa terjadi pada pembuluh darah di bagian seluruh tubuh, namun varises sering terjadi pada bagian kaki terutama betis, karena daerah tersebut sebagai tumpuan saat berdiri atau berjalan.

Varises paling banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Selain itu, ada faktor lain yang dapat memicu tingginya risiko seseorang terkena varises, seperti obesitas, kehamilan, dan usia tua.

Penyebab Varises

Varises terjadi karena adanya pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang menumpuk. Di dalam tubuh, pembuluh darah vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Penumpukan pembuluh darah ini terjadi karena melemah atau rusaknya katup vena sehingga terjadi arus balik aliran darah. Darah yang menumpuk inilah yang menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Pengobatan Varises

Varises dapat di atasi sendiri jika keadaanya masih ringan. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari kemungkinan terjadinya komplikasi atau pendarahan.

Bagi wanita yang terkena varises dapat ditangani dengan menggunakan stoking antivarises atau bebat kompres. Pencegahan varises dapat dilakukan dengan tidak berdiri terlalu lama, beriwaktu kaki untuk beristirahat dengan memposisikan tubuh direbahkan dan kaki lebih tinggi dari pada badan. Selain itu, disarankan untuk tetap menjaga berat badan dan rutin olahraga.

Varises yang tidak bisa diatasi meskipun sudah melakukan beberapa usaha dan menimbulkan rasa nyeri, disarankan untuk Anda perge ke dokter guna menghindari terjadinya kemungkinan komplikasi dan pendarahan. Biasanya dokoter akan menyarankan kepada pasien untuk melakukan operasi pengankatan pembuluh vena yang mengalami varises dan operasi penutupan pembuluh vena dengan bahan khusus berbentuk busa (skleroterapi) atau dengan menggunakan panas (endothermal ablation).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.