Kista Payudara

Kista Payudara

Kista payudara merupakan penyakit yang tumbuh pada jaringan payudara berbentuk benjolan bulat atau lonjong. Apabila kista diraba akan terasa lembek seperti balon yang diisi dengan air dan bisa juga terasa padat. Kista memiliki ukuran yang berfariasi mulai dari kecil yang hampir takterasa diraba hingga yang berukuran besar dengan diameter 2,5-5 cm. Payudara yang di tumbuhi kista dapat salahsatunya atau keduanya.

Rata-rata wanita yang memiliki risiko tinggi terkena kista payudara adalah mereka yang berusia antara 35-50 tahun. Selain itu, wanita yang menjalani terapai hormon pasca menopause juga rentang terkena penyakit ini.

Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya kista di dalam jaringan payudara adalah karena telah terjadi perubahan hormon dalam siklus menstruasi sehingga kumpulan cairan dalam jaringan payudara dan jaringan disekitarnya menumpuk.

Gejala Kista Payudara

Kista payudara dapat menimbulkan gejala, seperti:

  • Payudara terasa nyeri dan area benjolan terasa lembek.
  • Ukuran benjolan dipengaruhi dengan masa menstruasi. Jika menjelang menstruasi ukuran benjulan akan membesar dan jika pasca menstruasi menjulan akan mengecil.
  • Benjolan dapat bergeser dengan batasan yang jelas.
  • Puting payudara akan mengeluarkan cairan berwarna jernih, kuning, atau coklat.

Penyebab Kista Payudara

Kista payudara kemungkinan disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen. Meningkatnya hormon estrogen dapat memicu perubahan jaringan payudara sehingga membentuk kista. Selain itu, siklus menstruasi juga disinyalir dapat memicu terbentuknya kista, karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita.

Pengobatan Kista Payudara

Umumnya kista payudara tidak menimbulkan gejala yang serius, sehingga jarang sekali penderita pergi ke dokter. Meskipun tidak menimbulkan gejala serius, kista payudara kadang-kadang dapat menimbulkan rasa nyeri pada daerah yang diserang. Untuk mengurangi rasa nyeri, ada beberapa cara yang harus dilakukan, diantaranya:

  • Daerah yang diserang kista dikompres dengan air hangat atau dingin saat rasa nyeri muncul.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi agar tidak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Hindari juga minuman makanan yang mengandung kafein.
  • Kondisikan payudara dalam keadaan nyaman dengan menggunakan bra yang dapat menopang payudara.
  • Dapat menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, misalnya paracetamol, ibuprofen, atau naproxen.

Jika kista payudara semakin lama semakin membesar dan rasa nyeri yang mengganggu kenyamanan. Disarankan untuk pergi ke dokter ahli. Biasanya dokter akan melakukan beberapa cara untuk menyembuhkan kista, seperti:

  • Terapi hormon
  • Pengeluaran cairan kista
  • Operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.