Penyakit Kutil

Kutil

Kutil adalah penyakit yang menyerang kulit tubuh yang ditandai dengan benjolan kecil bertekstur kasar. Penyakit kulit ini disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV). Jika terserang oleh HPV, lapisan kulit akan meningkatkan produksi keratin atau protein keras sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Keratin/protein keras yang berlebih akan menumpuk di bagian permukaan kulit, sehingga membentuk jaringan baru yang menonjol atau disebut juga dengan tukil.

HPV sejatinya mudah menular ke lainnya jika terjadi sentuhan langsung dengan penderita dan menyentuh benda-benda yang terkontaminasi. Meskipun virus ini terkena kulit seseorang, belum tentu orang tersebut mengalami penyakit kutil, tergantung dari sistem imunitas masing-masing individu. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit HIV/AIDS atau yang baru saja transplantasi organ, akan memiliki risiko tinggi terkena kutil.

Kebanyakan kasus, anak-anak dan remaja yang memiliki risiko tinggi terkena kutil.

Gejala Kutil

Kulit yang terinfeksi virus HPV akan menonjol keras dan kasar yang disebut dengan kutil. Kutil dapat tumbuh di permukaan kulit manapun. Namun, yang sering timbul kutil adalah di bagian permukaan kulit, seperti di tangan atau dibawah permukaan kaki.

Besarnya kutil dapat mencapai antara 0,1 hingga 1 cm. Kutil bukan kanker. Namun, tidak salah untuk diperiksakan ke dokter.

Pengobatan Kutil

Sebagian besar kasus, kutil dapat sembuh dengan sendirinya. Namun perlu diwaspadai jika kutil telah menyebar ke bagian permukaan kulit tubuh lainnya, dan kutil mulai membesar, serta menimbulkan rasa sakit dan pendarahan, segeralah berobat ke dokter ahli penyakit kulit.

Kutil yang dapat membaik dengan sendirinya membutuhkan waktu seminggu hingga berbulan-bulan.

Kutil dapat diatasi dengan pengolesan salep/krim gosok yang mengandung asam salisilat yang mudah didapatkan di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jika usaha di atas tidak mampu menyembuhkan kutil, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter akan memberikan berbagai macam metode pengobatan kutil, seperti pemberian krim dengan kandungan zat yang lebih kuat, cryotherapy atau membekukan area kulit yang sakit dengan nitrogen, dan menggunakan terapi laser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.