Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Tempuyung merupakan tanaman obat yang memiliki manfaat untuk tubuh. Tempuyung termasuk tanaman dalam suku Asteraceae. Tanaman ini tidak berkayu dan tergolong tumbuhan terna dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tempuyung memiliki manfaat bagi tubuh, seperti mengatasi wasir, mengobati kencing batu, mengobati bisul, mengatasi radang payudara, mengatasi luka bakar, dan lain sebagainya.

Klasifikasi Tanaman Tempuyung

KINGDOM: Plantae
FILUM: Magnoliophyta
KELAS: Magnoliopsida
ORDO: Asterales
FAMILI: Compositae
GENUS: Sonchus
SPESIES: Sonchus oleraceus L

Morfologi Tanaman Tempuyung

Akar tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung memiliki sistem perakaran tunggang yang kuat.

Batang tanaman tempuyung

Batang tanaman tempuyung berbentuk bulat dan lunak, dalamnya terdapat rongga udara, memiliki getah, memiliki bulu-bulu, dan berwarna hijau. Tanaman tempuyung mampu tumbuh hingga mencapai 65-150 cm.

Daun tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung memiliki daun yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau, di bagian tepi daun bergerigi tidak teratur, dan bagian ujungnya meruncing. Helaian daun tempuyung memiliki ukuran panjang sekitar 6-48 cm dan lebarnya 3-12 cm. Bagian bawah daun tempuyung terpusat dan membentuk roset.

Bunga dan buah tempuyung

Tanaman tempuyung memiliki bunga yang berbentuk malai dan kelopak bunganya membentuk seperti lonceng. Mahkota bunga tempuyung terbentuk dari kumpulan-kumpulan menyerupai jarum yang berwarna putih atau kuning.

Buah tempuyung berbentuk kotak berusuk lima memanjang, pipih, dan terdapat bulu berwarna hitam. Biji yang berada di dalam buah tempuyung sangan kecil dan ringan berupa serbuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.