Klasifikasi Dan Morfologi Mahkota Dewa

Klasifikasi Dan Morfologi Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) merupakan kelompok dari tanaman obat. Oleh masyarakat Indonesia, tanaman mahkota dewa tidak di budidayakan besar-besaran melainkan hanya menjadi tanaman perkarangan/tanaman hias. Mahkota dewa berasal dari Papua/Irian Jaya.

Buah mahkota dewa berwarna merah terang di bagian kulitnya dengan daging berwarna putih dan berserat. Sebelum di konsumsi menjadi obat, buah mahkota dewa dirajang menjadi irisan tipis-tipis lalu di keringkang dibawah terik matahari. Irisan yang sudah kering, kemudian direbus dan diminum air rebusannya.

Buah mahkota dewa memiliki manfaat untuk menetralisir racun di dalam tubuh, anti bakteri dan virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, serta mengurangi penggumpalan darah.

Nama lain mahkota dewa

Makuto Rojo
Makuto Ratu
Obat Dewa
Pau (Obat Pusaka)
Crown of God
Boh Anggota Dewan
Simalakama (bahasa malayu)

Klasifikasi Mahkota Dewa

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Thymelaeaceae
Genus: Phaleria
Spesies: Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl

Morfologi Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa

Daun mahkota dewa berwarna hijau, berbentuk lonjong, dan bagian ujungnya lancip. Pada tangkai primer, letak kedudukan daun saling berhadapan, tangkai sekunder pendek, bagian tepi daun rata, pertulangan daun menyirip, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Daun mahkota dewa merupakan daun tunggal.

Daun mahkota dewa berukuran panjang sekitar 7-10 cm dan lebar 2-5 cm.

Batang mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa dapat hidup sepanjang tahun. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 1-2.5 meter dengan diameter mencapai 15 cm. Di alam liar, tanaman mahkota dewa dapat tubuh mencapai ketinggian 6 meter.

Batang tanaman mahkota dewa berkayu. Bentuk batang bulat, kulit batang berwarna coklat, bagian dalam kayu berwarna putih. Batang tanaman memiliki percabangan sympodial dan bergetah.

Bunga mahkota dewa

Pada batang, letek bunga tersebar di seluruh percabangan atau ketiak daun. Bunga berbentuk seperti tabung dan ukurannya kecil. Bunganya berwarna putih dan memiliki aroma yang harum.

Buah mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa memiliki buah berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm. Buah yang masih muda berwarna hijau dan merah ketika buah mencapai kematangan fisiologisnya. Daging buah berwarna putih dan berserat serta berair. Bagian dalam buah terdapat biji yang berbentuk bulat dan berwarna coklat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.