Klasifikasi Dan Morfologi Itik (Bebek)

Klasifikasi Dan Morfologi Itik (Bebek)

Pengertian bebek atau disebut juga itik adalah hewan tergolong ke dalam spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek merupakan jenis burung akuatik dan berkerabat dengan angsa, dan angsa leher pendek serta mudah ditemukan pada perairan air tawar ataupun laut. Bebek umumnya bertubuh kecil dari pada kerabat burung lannya, seperti angsa dan angsa leher pendek.

Bebek termasuk hewan omnivora, artinya memakan segalanya baik tumbuh-tumbuhan atau pun hewan kecil lainnya, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil. Di dalam air, bebek mengambil makanannya dengan cara menyelam. Bebek dari sub Anatinae tidak mampu menyelam sampai dalam. Paruh bebek dalam sub anatinae memiliki paruh pipih dan mengandung lamellae.

Klasifikasi Bebek

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Genus: Cairina
Spesies: Cairina mpschata (itik liar, Cairina domesticus (itik ternak)

Morfologi Bebek

Kepala bebek

Bebek memiliki kepala berukuran kecil, terdapat dua pasang mata dan paruh yang berbentuk pipih. Bentuk kepala bebek seperti tanda tanya (?) dengan tangkai leher relatif panjang, namun tidak sepanjang angsa. Mata bebek berbentuk bulat kecil seperti biji pepaya yang berwarna coklat hingga kehitaman. Bentuk paruh bebek pipih, berwarna umumnya kuning dan memiliki lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan dari dalam air.

Tubuh bebek

Tubuh bebek bila dilihat secara keseluruhan bentuknya seperti angka dua (2) berlekuk dan lebar. Bebek memiliki beragam bentuk tubuh mulai dari bulat hingga lonjong. Tubuh bebek di selimuti oleh bulu-bulu yang mengandung lapisan lilin. Jika terkena air, bulu tidak basah dan tubuh bebek tetap kering.

Ekor Bebek

Ekor bebek berukuran relatif kecil dan dilapisi bulu-bulu dengan pertulangan bulu yang cukup besar. Ekor bebek berfungsi untuk membantu arah gerakan ketika berada di dalam air.

Bulu Bebek

Hampir seluruh tubuh bebek ditutupi dengan bulu-bulu halus. Warna bulu bebek sangat beragam tergantung dari jenisnya, ada yang berwarna hitam, corak hitam, kecoklatan, putih kusam, dan sebagainya. Bulu bebek berfungsi untuk melindungi dan menjaga suhu tubuh bebek tetap dalam keadaan stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.