Klasifikasi Dan Morfologi Lumut Daun

Klasifikasi Dan Morfologi Lumut Daun

Lumut daun (Bryophyta) merupakan makhluk hidup anggota tumbuhan yang tidak berpembuluh dan berspora untuk memperbanyak diri. Lumut jenis ini disebut juga lumut sejati, karena tubuhnya memiliki akar (rizoid), batang, dan daun seperti halnya tumbuhan kecil. Lumut daun memiliki banyak spesies dari pada lumut yang lainnya, yaitu sekitar 10 ribu spesies. Kurang lebih terdapat 12000 jenis lumut daun di alam ini. Contoh spesies lumut daun yang terkenal adalah lumut gambut atau Sphagnum sp.

Reproduksi Lumut Daun

Lumut daun memiliki alat kelamin yang terkumpul pada ujung padang/ujung cabang-cabangnya, dan dikelilingi daun-daun paling atas. Terdapat jenis lumut daun berumah satu dan berumah dua masing-masing dapat dilihat perbedaanya dari letak anteridium dan arkegonim. Lumut berumah satu memiliki salah satu ciri, yaitu letak anterodium dan arkegonium menjadi satu. Sedangkan yang berumah dua letaknya terpisah.

Klasifikasi Lumut Daun

Kingdom: Plantae
Division: Bryophyta
Kelas: Bryopsida
Ordo: Bryopceales
Family: Bryopceae
Genus: Bryopsida
Spesies: Bryopsida sp

Morfologi Lumut Daun

Akar Lumut Daun

Akar pada lumut daun berwarna kecoklatan dan melekat dipermukaan tanah, batang pohon, bebatuan lembab yang fungsinya untuk menyerap unsur hara dan air dipermukaan tanah atau tempat tumbuhnya.

Batang Lumut Daun

Lumut daun memiliki batang semu, berwarna hijau tua dan tumbuhnya tegak.

Daun Lumut Daun

Memiliki bentuk daun berupa lembaran yang tersusun secara spiral dan berwarna hijau.

Reproduksi Lumut Daun

Memiliki alat reproduksi yang disebut dengan anterodium dan arkegonium letaknya di ujung batang atau ujung cabang-cabang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.