Klasifikasi Dan Morfologi Jambu Bol

Klasifikasi Dan Morfologi Jambu Bol

Jambu bol merupakan pohon buah keluarga jambu-jambuan. Bentuk jambu bol hampir mirip dengan jambu air lainnya, namun memiliki beberapa perbedaan dari segi tekstur buahnya, daging jambu bol bertekstur lembut dan padat juga memiliki kandungan air yang hampir sama dengan jambu air lainnya.

Jambu bol dapat disajikan sebagai buah meja. Masyarakat Indonesia mengkonsumsi buah ini dengan cara dimakan segar ataupun rujak. Rasa buah jambu bol bermacam-macam mulai dari sepat, asam, hingga manis.

Klasifikasi Jambu Bol

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: Syzygium malaccense (L) Merr & L.M. Perry

Morfologi Jambu Bol

Akar jambu bol

Tanaman jambu bol memiliki akar tunggang dengan percabangan berukuran kecil. Akar tanaman mampu menembus tanah sedalam 5-10 m. Akar tersebut berfungsi untuk menyerap unsur hara dan air.

Batang jambu bol

Batang tanaman jambu bol berdiameter hingga 20-45 cm dan bertekstur kasar. Tinggi batang tanaman jambu bol mampu mencapai 15 m, dengan percabangan rendah dan bertajuk rimbun.

Daun jambu bol

Daun tanaman jambu bol berwarna hijau muda hingga tua tergantung dari usia daun itu sendiri. Daun letaknya saling berhadapan, bertangkai pendek berkisar 1-1,5 cm, bentuknya lonjong, daun berukuran besar, dengan permukaan yang kasar, serta dengan permukaan daun yang nampak menonjol dipermukaannya.

Bunga jambu bol

Warna mahkota bunga jambu bol bermacam-macam tergantung dari jenisnya, ada yang berwarna merah, keunguan dan jambon. Tumbuhnya terletak dibagian ranting yang tidak memiliki titik tumbuh daun, bertangkai pendek dan bergerombol. Setiap bunga memiliki benang sari yang sangat banyak, berukuran panjang 3,5 cm.

Buah jambu bol

Buah jambu bol memiliki warna dan bentuk yang beragam. Warna buah jambu bol umumnya berwarna hijau (buah muda), putih dan merah. Bentuknya mulai dari bulat hingga menjorong. Daging jambu bol bertekstur padat dengan ketebalan 0,5-2,5 cm, warna daging putih. Rasa buah jambu bol beragam mulai dari sepat, asam dan manis. Di dalam buah jambu bol terdapat ruang yang berisi biji. Biji buah jambu bol berjumlah satu dan berukuran cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.