Perawatan Payudara

Perawatan Payudara

Perawatan Payudara merupakan suatu tindakan perawatan payudara yang dilaksanakan, baik oleh pasien maupun dibantu oleh orang lain yang dilaksanakan mulai hari pertama atau kedua setelah melahirkan. Sedangkan menurut Huliana perawatan payudara masa nifas adalah perawatan payudara yang dilakukan terhadap payudara setelah melahirkan.

Tujuan perawatan payudara

Perawatan payudara tidak hanya dilakukan sebelum melahirkan tetapi juga setelah melahirkan. Perawatan payudara yang dilakukan terhadap payudara bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah tersumbatnya saluran susu sehingga memperlancar pengeluaran ASI.

Tujuan dari perawatan payudara yaitu:

1) Memelihara kebersihan payudara
2) Melancarkan keluarnya ASI
3) Mencegah bendungan pada payudara
4) Menangani payudara bengkak

Waktu pelaksanaan

Pertama dilakukan pada hari kedua setelah melahirkan minimal dua kali dalam sehari.

Persiapan alat

Alat-alat yang pelu disiapkan yaitu:

1) Baby oil atau minyak kelapa
2) Dua waskom berisi air hangat
3) Dua waslap, kapas dan dua handuk

Langkah-langkah pengurutan

Menurut Anggraini, langkah-langkah pengurutan pada perawatan payudara adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan minyak secukupnya, sokong payudara kiri dengan tangan kiri, payudara kanan dengan tangan kanan, 3 jari dari tangan yang berlawanan membuat gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu, setiap payudara minimal 2x gerakan.
  2. Tempatkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara. Urutlah payudara dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan kedua payudara perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini 30 kali.
  3. Sokong payudara dengan satu tangan, sedangkan tangan lain mengurutkan payudara dengan sisi kelingking dari arah tepi ke arah puting susu. Lakukan gerakan ini 30 kali.
  4. Kompres kedua payudara dengan waslap hangat selama 2 menit, kemudian ganti dengan kompres waslap dingin selama 1 menit. Kompres bergantian selama 3x berturut-turut dengan kompres air hangat.

Perawatan puting susu

Puting susu memegang peran penting pada saat menyusui. Air susu ibu akan keluar dari lubang-lubang pada putting susu. Oleh karena itu putting susu perlu dirawat agar dapat bekerja dengan baik. Tidak semua wanita mempunyai puting susu yang menonjol (normal). Ada wanita yang mempunyai puting susu dengan bentuk datar atau puting yang masuk ke dalam. Ketiga bentuk puting susu tersebut dapat mengeluarkan ASI jika dirawat dengan benar.

Huliana juga menambahkan, sebaiknya perawatan puting susu dilakukan 4-5 hari pada pagi dan sore hari, dan tidak menggunakan bahan- bahan seperti alkohol atau sabun untuk membersihkan puting susu karena akan menyebabkan kulit menjadi kering dan lecet.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk merawat puting susu.

  1. Kompres kedua puting susu dengan kapas yang telah dibasahi minyak selama 5 menit agar kotoran disekitar puting mudah terangkat.
  2. Jika puting susu normal, lakukan perawatan dengan mengoleskan minyak pada ibu jari dan telunjuk, lalu letakkan keduanya pada puting susu. Lakukan gerakan memutar ke arah dalam sebanyak 30 kali putaran untuk kedua puting susu. Gerakan ini untuk meningkatkan elastisitas otot puting susu.
  3. Jika puting susu datar atau masuk ke dalam, lakukan tahap-tahap berikut: a). Letakkan kedua jari di sebelah kiri dan kanan puting susu, kemudian tahan dan hentakkan ke arah luar menjauhi puting susu secara perlahan, b). Letakkan kedua ibu jari di atas dan di bawah puting susu, lalu tekan serta hentakan ke arah luar menjauhi puting susu secara perlahan.

Perawatan payudara untuk mengurangi pembengkakan payudara

Pada saat ASI mulai diproduksi, payudara mulai terasa kencang, bengkak, dan tidak nyaman, karena itu segera susui bayi dan sesering mungkin. Namun agar tidak mengalami kesulitan selama periode menyusui, maka perlu melakukan perawatan payudara. Perawatan payudara setelah melahirkan dapat dengan melakukan beberapa pemijatan, Perawatan payudara secara tradisional tersebut dapat digunakan untuk mencegah dan menangani pembengkakan payudara. Menurut Anggraini untuk mencapai hasil yang baik sesuai dengan tujuan dari perawatan payudara maka persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

a. Pemijatan/ pengurutan hendaknya dilakukan secara teratur dan sistematis
b. Memperhatikan makanan dan minuman dengan menu yang seimbang
c. Menggunakan BH yang bersih dan menopang payudara
d. Istirahat yang cukup dan pikiran yang tenang
e. Menghindari rokok dan minuman yang beralkohol

Perawatan payudara dengan menggunakan masase payudara yang sebelumnya diberikan kompres panas dapat menggunakan handuk kecil atau waslap yang telah dibasahi dengan air hangat dengan tujuan memberikan efek vasodilatasi pada pembuluh darah. Kemudian dilanjutkan pemijatan pada payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.