Pengertian Pestisida Nabati

Pengertian Pestisida Nabati

Pestisida nabati merupakan produk alam dari tumbuhan seperti daun, bunga, buah, biji, kulit dan batang yang mempunyai kelompok metabolit sekunder atau senyawa bioaktif. Beberapa tumbuhan menghasilkan racun, ada juga yang mengandung senyawa-senyawa kompleks yang dapat mengganggu siklus pertumbuhan serangga, sistem pencernaan atau mengubah perilaku serangga.

Beberapa jenis tanaman yang mampu mengendalikan hama seperti famili Meliaceae (nimba, Aglaia) dan famili Anonaceae (biji sirsak). Pemakaian pestisida nabati dengan penggunaan dan dosis yang benar dapat mengurangi hama, mengurangi biaya produksi karena bahan dasar pestisida nabati dapat dibudidayakan dan dibuat setiap saat sesuai kebutuhan dan yang penting adalah tidak mencemari lingkungan. Dari sisi lain, pestisida nabati mempunyai keistimewaan yaitu bersifat mudah terurai di alam sehingga tidak mencemari lingkungan dan relatif lebih aman bagi manusia dan ternak peliharaan karena residunya mudah terurai.

Menurut Kardinan (2000) bahan alami yang paling menjanjikan prospeknya untuk dikembangkan sebagai pestisida pada tanaman – tanaman famili Meliaceae (misalnya mimba), Annonaceae ( misalnya sirsak), Rutaceae, Asteraceae, Labiateae dan Canllaceae (Kardinan, 2000).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!