Karakter Genus Crinivirus

Karakter Genus Crinivirus

Genus Crinivirus memiliki virion lebih pendek dari 1000 nm dan memiliki dua variasi panjang, yaitu 650-850 nm dan 700-900 nm. Genomnya linier, positive sense, ssRNA dengan ukuran 15.3-19 kb, terbagi menjadi 2 molekul, dimana keduanya berfungsi untuk proses infeksi dan pemisahan pada saat pembentukan kapsid. Ukuran CP pada anggota yang diketahui cenderung sama, berkisar antara 28-33 kDa, akan tetapi ukuran CPd bisa lebih besar, mencapai 80 kDa. RNA-1 dari Lettuce infectious yellow virus (LIYV) adalah bicitronic yang mengkode protein yang berhubungan dengan replikasi (ORF1) dan sebuah trans peningkat akumulasi RNA-2 (ORF2) (Yeh et al., 2000).

RNA-2 memiliki 7 ORF dan mengandung 5 gen yang mencirikan famili, akan tetapi hal ini berbeda dengan genus Closterovirus dan Ampelovirus karena penyisipan dari gen yang sangat kecil (ORF4) pada bagian up stream dari gen CP. Semua anggota dari genus, ORF CPd letaknya di bagian down stream dari gen CP. Beberapa contoh virus anggota genus Crinivirus adalah LIYV, Lettuce chlorosis virus (LCV) dan Potato yellow vein virus (PYVV) (Martelli et al., 2002).

Beberapa spesies seperti Little cherry virus 1 (LChV-1), GLRaV-7, Alligatorweed stunting virus (AWSV), Megakepasma mosaic virus (MegMV) dan Olive leaf yellowing-associated virus (OLYaV) belum dimasukkan ke dalam salah satu genus dari famili Closteroviridae, karena ketersediaan informasi masih sedikit dan tidak tersedia taksonomi yang rasional atau memungkinkan (MegMV dan AWSV), atau karena lebih banyak data molekuler (OLYaV, GLRaV-7) dan data biologis (LChV-1) yang diperlukan untuk definisi terhadap hubungan filogenetiknya (Martelli et al., 2002)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.