Hama Dan Penyakit Tanaman Bayam

Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Bayam

Menurut Widjaya (1996) hama yang menyerang bayam, yaitu:

  1. Serangga ulat daun (Spodoptera plusia hymenia) yang menyerang tanaman bayam ini biasanya dijumpai dengan gejala seperti daun berlubang-lubang. Hama ini dapat diberantas dengan pertisida/cukup dengan menggoyangkan tanaman.
  2. Serangga kutu daun (Myzus persicae sp.) dengan gejala daun rusak, berlubang dan layu. Hama ini dapat diberantas dengan pestisida/cukup dengan menggoyangkan tanaman.
  3. Serangga tungau (Polyphagotarsonemus latus) sering dijumpai pada tanaman bayam dengan gejala daun rusak, berlubang dan layu. Hama ini dapat diberantas pestisida/cukup dengan menggoyangkan tanaman.
  4. Serangga lalat (Liriomyza sp.) sering ditemukan merusak daun bayam. Obat pemberantasnya sama dengan yang disebutkan diatas.
  5. Rebah kecambah Penyebab: cendawan Phytium sp. Gejala: menginfeksi batang muda maupun daun bayam. Pengendalian: Fungisida
  6. Busuk basah Penyebab: cendawan Rhizoctonia sp. Ditandai dengan gejala adanya bercak-bercak putih. Cara pengendalian sama dengan pengendalian penyakit rebah kecambah.
  7. Karat putih Penyebab: cendawan Choanephora sp. Di tandai dengan gejala yang menyerang daun sebelah bawah, yang mengakibatkan bercak-bercak putih pada bagian yang terinfeksi. Pengendalian sama dengan pengendalian penyakit rebah kecambah.
  8. Gulma jenis rumput-rumputan, alang alang. Ciri-ciri tumbuhan mengganggu tanaman budidaya. Dapat dijumpai dengan gejala lahan banyak ditumbuhi pemila liar. Pencegahan dapat dilakukan dengan herbisida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.