Serangga Yang Menguntungkan Di Areal Sawah

Serangga Yang Menguntungkan Di Areal Sawah

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa serangga memiliki peran sebagai predator. Secara tak langsung peran ini sangat menguntungkan petani, sebab serangga yang berperan sebagai predator merupakan musuh alami hama. Dengan demikian maka petani tidak harus membasmi serangga harna dengan menggunakan insektisida, yang secara ekonomis sangat memberatkan petani. Sebab selain dengan menggunakan insektisida pengendalian hama dapat dilakukan dengan memanfaatkan agen pengendali hayati yaitu serangga yang berperan sebagai predator, parasitoid dan penyerbuk tanaman budidaya.

Di areal sawah serangga-serangga yang menguntungkan petani diantaranya adalah:

  1. Aphis atau yang sering dikenal sebagai lebah madu, salah satu spesies dari famili Hymenoptera. Aktif dalam proses penyerbukan bunga sehingga jika di suatu areal sawah ditemukan serangga ini maka memungkinkan sekali untuk membantu penyerbukan tanaman budidaya. Selain itu, dari famili Hymenoptera yang aktif dalam penyerbukan adalah Bombus atau yang lebih dikenal dengan tawon endas.
  2. Ichneumon, dari famili Icneumonidae yang berperan sebagai parasit ulat dan ngengat.
  3. Coccinella, dari famili Coccinelidae yang berperan sebagai predator karnivora dan pemangsa kutu daun, serangga bersisik dan kadang-kadang serangga kecil (wereng coklat).
  4. Andralus spinidens dari famili Pentatomidae yang berperan sebagai predator larva (Hoeve, 1996:167-188).
  5. Conocephalus sp. dari famili Tettigonidae yang berperan sebagai predator telur penggerek batang padi dan walang sangit.
  6. Creoboter spp., lebih dikenal dengan belalang sembah dari famili Mantidae yang berperan sebagai predator berbagai hama. (Anonimous, 2003:57-59).
  7. Formicidae dari famili Formicoidea, predator aneka macam serangga baik pada fase dewasa maupun larva (Mc. Murtry, dalam Huffaker, 1989:139).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *