Menentukan Kualitas Hidup Di Dalam Agama Khonghucu

Menentukan Kualitas Hidup Di Dalam Agama Khonghucu

Terkait dengan kemampuan menentukan arah yang benar. Arah yang benar berarti memahami akan prinsip-prinsip Hukum Alam dan bertindak berdasarkan prinsip-prinsip itu. Kesadaran diri dan pemahaman akan prinsip-prinsip itu akan mengantarkan kita pada ‘kualitas’ hidup. Tidak ada akibat tanpa sebab. Sebuah akibat akan menjadi sebab baru bagi akibat berikutnya, begitu seterusnya.

Paparan di atas memberitahukan hal penting tentang anugerah Tian untuk kita. Pertama, Tian telah menjadikan kita manusia sebagai makhluk yang paling mulia di antara makhluk-makhluk ciptaan-Nya yang lain. Kedua, manusia memiliki kebebasan untuk memilih jalan hidup masing-masing. Ketiga, bahwa kita dapat menentukan kualitas kehidupan melalui pilihan-pilihan dan respon kita untuk setiap akibat yang kita ciptakan.

Skema berikut merupakan putaran sebab akibat. Respon yang kita berikan terhadap sebuah akibat akan menjadi sebab baru yang selanjutnya akan melahirkan akibat berikutnya, lalu kita memberikan respon kembali, dan seterusnya.

Sumber : Gunadi Js dan Hartono Js. 2017. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.