Botani Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.)

Botani Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.)

Tanaman kacang panjang dalam taxonomi tumbuhan termasuk kelas Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil), Sub-kelas Rosidae, Ordo Fabales, Familia Fabaceae (suku polong-polongan),Genus Vigna, Spesies Vigna sinensis (L.) Savi Ex Has. Kacang panjang adalah sayuran yang mirip dengan kacang tunggak. Batang tanaman yang menjalar dan merambat ini dapat mencapai beberapa meter. Selama pertumbuhannya, batang rambat kacang panjang biasanya ditopang dengan lanjaran untuk mencegah polong menyentuh tanah dan untuk memungkinkannya tumbuh lurus. Tanaman ini mudah tercekam kekurangan lengas, tetapi lebih toleran terhadap curah hujan dan kelembaban tinggi ketimbang kacang tunggak atau kacang Bombay (Rubatzky dan Yamaguchi, 1998).

Bunga kacang panjang mulai tampak pada umur 4-6 minggu setelah kecambah muncul, dan polong yang dapat dimakan terbentuk sekitar 2 minggu setelah antesis. Namun, panen sering dimulai sekitar 70 hari setelah tanam dan dapat berlanjut selama 25-30 hari. Panjang polong sekitar 30-80 cm, dan kadang- kadang lebih (Rubatzky dan Yamaguchi, 1998).

Polong tampak agak pipih, dan pada waktu biji matang, polong cenderung menjadi bulat. Biji matang berbentuk ginjal, panjangnya beragam, mulai dari 6 mm hingga 12 mm, dan biasanya berwarna coklat atau hitam (Rubatzky dan Yamaguchi, 1998).

Batangnya berwarna hijau muda dan berbentuk persegi enam. Daun berbentuk delta dengan ujung meruncing tersusun tiga-tiga. Daun berwarna hijau tua dengan permukaan berbulu halus. Bunga berbentuk kupu-kupu berwama biru muda. Polongnya gilik, panjang 44-75 cm, warna hijau tua, rasanya agak manis, dan renyah. Satu tanaman bisa menghasilkan 4-15 polong. Biji bulat panjang agak gepeng dan bila sudah tua berwama cokelat tua berbelang putih. Tanaman dewasa tingginya mencapai 2 m lebih. Pada umur 28 hari sudah berbunga dan pada umur 59-79 hari sudah dapat dipanen (BPPT, 2005).

Kacang panjang dapat tiap saat ditanam, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Syarat-syarat yang penting untuk tumbuhnya tanaman ini ialah tanah gembur, kandungan humus banyak, dan pH tanah antara 5,5-6,5. Selain itu, lebih baik tanahnya bersarang, tetapi lapisan tanahnya masih dapat menahan air tanah dan banyak terkena sinar matahari. Sebaiknya kacang panjang ditanam di awal atau akhir musim hujan (Bisnisbali, 2005).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.