Botani Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.)

Botani Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.)

Tanaman kacang hijau dalam taxonomi tumbuhan termasuk Kelas Dicotyledoneae, Ordo Rosales, Keluarga Leguminosae ( Fabaceae), Genus Vigna, Species Vigna radiata L. (Purwono dan Hartono, 2008).

Kacang hijau adalah tanaman pendek bercabang tegak. Bagian dari tanaman kacang hijau antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Tanaman kacang hijau berakar tunggang. System perakarannya dibagi menjadi dua, yaitu mesophytes dan xerophytes. Mesophytes mempunyai banyak cabang akar pada permukaan tanah dan tipe pertumbuhannya menyebar. Sementara xerophytes memiliki akar cabang lebih sedikit dan memanjang ke arah bawah (Purwono dan Hartono, 2008).

Batang kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku-buku. Ukuran batangnya kecil, berbulu, berwarna hijau kecokelatan atau kemerahan. Tanaman ini bercabang banyak. Daunnya tumbuh majemuk dan terdiri dari tiga helai anak daun setiap tangkai. Helai daun berbentuk oval dengan bagian ujung lancip dan berwarna hijau muda hingga hijau tua. Letak daun berseling. Tangkai daun lebih panjang daripada daunnya sendiri (Purwono dan Purnamawati, 2007).

Bunganya muncul di ujung percabangan pada umur 30 hari. Munculnya bunga dan pemasakan polong pada tanaman kacang hijau tidak serempak sehingga panen dilakukan beberapa kali (Purwono dan Purnamawati, 2007). Bunga kacang hijau berbentuk seperti kupu-kupu dan berwarna kuning kehijauan atau kuning pucat. Bunganya termasuk jenis hermaprodit atau berkelamin sempurna. Proses penyerbukan terjadi pada malam hari sehingga pada pagi harinya bunga akan mekar dan pada sore hari menjadi layu (Purwono dan Hartono, 2008).

Tanaman akan tumbuh baik pada suhu udara yang optimal antara 25-27 derajat C. Kebutuhan air minimal pada masa kritis setara dengan curah hujan 100 mm/bulan. Daerah yang memiliki curah hujan 50-200 mm/bulan merupakan daerah yang baik untuk budidaya tanaman ini (Purwono dan Hartono, 2008).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.