Biologi Maruca testulalis Geyer

Biologi Maruca testulalis Geyer

Klasifikasi hama Maruca testulalis adalah termasuk dalam kelas Insecta (Lepidoptera, Pyralidae). Kebanyakan pyralidae berukuran kecil dan berbentuk ngengat, bentangan sayap depan berbentuk triangular (Borror and Dwight, 1970). Telur diletakkan berkelompok pada daun, bunga, atau polong. Satu kelompok telur terdiri dari 2-4 butir telur. Telur berbentuk lonjong agak pipih dan berwarna putih kekuningan agak bening. Stadium telur berlangsung 2-3 hari. Pada stadium larva berwarna putih kekuningan dengan bintik-bintik cokelat gelap pada bagian punggungnya. Panjang larva instar terakhir sekitar 18,5 mm. Stadium larva berlangsung antara 10-15 hari. Pupa terbentuk di dalam tanah atau di dalam polong. Tubuh pupa berwarna cokelat dan panjang kira-kira 13,5 mm. Stadium pupa berlangsung antara 7-10 hari (Harahap, 1994).

Larva berwarna putih kekuningan dan panjangnya mencapai 18 mm. Setiap segmen terdiri dari bintik-bintik gelap di sepanjang tubuhnya yang terletak pada bagian permukaan punggungnya. Kepalanya berwarna cokelat gelap hingga hitam ( Parker dkk, 1995).

Telur berbentuk oval dan berwarna kuning dan terletak pada bunga dan polong. Larva berwarna putih kehijauan. Imago berwarna cokelat pada sayap depan dengan tanda bintik putih dan di belakang sayap berwarna putih tidak beraturan (Ministry of Science & Technology, 2008).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.