Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kailan

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kailan

Klasifikasi Tanaman Kailan

Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Sub class : Dillendidae
Ordo : Capparales
Family : Brassicaceae
Genus : Brassica L.
Spesies : Brassica oleracea var. alboglabra L.H. Bailey

Morfologi Tanaman Kailan

Batang tanaman kailan umumnya pendek dan banyak mengandung air (herbaceous). Di sekeliling batang hingga titik tumbuh terdapat tangkai daun yang bertangkai pendek (Rukmana, 1995). Menurut Pasaribu (2009) tanaman kailan mempunya batang tunggal berwarna hijau kebiruan dan bercabang di bagian atas batang.

Tanaman kailan yang dibudidayakan umumnya tumbuh semusim (annual)ataupun dwimusim (biennual) yang berbentuk perdu. Sistem perakaran relatifdangkal, yakni menembus kedalaman tanah antara 20-30 cm (Khairani, 2010). Kailan memilikidaun yang tebal, datar, mengkilap, keras, berwarna hijau kebiruan, dan letaknya berselang. Daunnya panjang dan melebar seperti caisim, sedangkan warna daun mirip dengan kembang kolberbentuk bujur telur (Widaryanto et al., 2003).

Bunga kailan terdapat di ujung batang dengan bunga berwarna putih.Kepala bunga berukuran kecil, mirip dengan bunga pada brokoli. Bunga kailanterdapat dalam tandan yang muncul dari ujung batang atau tunas. Kailan berbungasempurna dengan enam benang sari yang terdapat dalam dua lingkaran (Sinaga, 2014). Menurut Pasaribu (2009) bunga kailan terdapat diujung batang dengan panjang 30-40 cm dan mempunyai pedisel 1-2 cm dengan bunga berwarna putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.