Pengertian Atlas

Atlas

Kamu telah mempelajari bahwa orang berusaha membuat peta yang dapat memuat informasi yang lebih rinci agar mudah digunakan. Kemudian, dibuatlah peta berdasarkan benua, negara, provinsi, dan seterusnya. Peta-peta tersebut kemudian disatukan. Kumpulan peta yang sudah dibagi-bagi berdasarkan benua, negara, provinsi, dan seterusnya yang disatukan menjadi sebuah buku itulah yang disebut atlas. Jadi, atlas adalah kumpulan peta yang dibukukan. Sebagai sebuah buku, atlas dilengkapi dengan daftar isi, keterangan, dan indeks yang memudahkan pemakainya menemukan informasi di atlas tersebut.

Sebuah atlas dibuat sesuai dengan bidang ilmunya. Misalnya, Atlas of The Body, berisi tentang anatomi tubuh manusia; atlas sejarah yang berisi tentang pekembangan sejarah dan peradaban manusia; atlas geologi berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan geologi, atlas kebudayaan berisi tentang macam-macam kebudayaan dan persebarannya; dan atlas geografi berisi hal-hal yang berhubungan dengan geografi.

Pada kesempatan ini kita hanya akan mempelajari atlas geografi.

Atlas yang berisi peta umum biasanya disebut atlas geografi. Contoh atlas geografi antara lain atlas dunia dan atlas Indonesia. Atlas dunia berisi peta-peta dunia sekaligus menjelaskan tempat-tempat di dunia, termasuk Indonesia. Atlas Indonesia berisi petapeta wilayah di Indonesia. Informasi tentang Indonesia yang terdapat di atlas Indonesia jauh lebih rinci daripada di atlas dunia. Namun, informasi tentang tempat di luar Indonesia tidak kamu temukan di atlas Indonesia.

Peta-peta dalam sebuah atlas dapat terdiri atas peta umum maupun peta tematis. Bahkan, sebuah atlas dapat saja tidak hanya terdiri atas peta-peta, tetapi juga gambargambar lainnya, seperti hewan yang dilindungi ataupun pakaian adat.

Informasi apa yang dapat diperoleh dari sebuah atlas?
Atlas adalah kumpulan peta-peta. Dengan demikian, informasi yang terdapat di dalam atlas tidak jauh berbeda dengan informasi yang terdapat dalam peta. Bedanya ialah dalam atlas, kita dapat menemukan informasi yang lebih luas dan lengkap. Kelebihan atlas ialah dilengkapi dengan daftar isi dan indeks.

Atlas berguna antara lain untuk:

  1. menunjukkan wilayah tertentu
  2. menunjukkan lokasi kota, sungai, atau danau sesuai informasi geografis yang dimuat
  3. membandingkan luas, letak, dan lokasi tertentu antarwilayah (provinsi, negara, benua)
  4. membandingkan perbedaan relief antarwilayah

Sumber: Setiawan D.2008. Pengetahuan Sosial. Buku SMP/MTs kelas 7: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.