Klasifikasi Dan Morfologi Pisang Muli

Klasifikasi Dan Morfologi Pisang Muli

Klasifikasi Pisang Muli

Menurut Tjitrosoepomo (1985), klasifikasi pisang muli adalah sebagai berikut:

Kerajaan : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledone
Ordo : Musales
Famili : Musaceae
Genus : Musa
Spesies : Musa acuminata Linn

Morfologi Pisang Muli

1. Akar

Pohon pisang tidak mempunyai akar tunggang.Akar ini berpangkal pada umbi batang.Akar terbanyak berada pada bagian bawah tanah.Akar ini menuju bawah sampai kedalaman 75-150 cm sedang akar yang ada di bagian samping umbi batang tumbuh ke samping atau mendatar.Dalam perkembanganya akar samping bisa mencapai 4-5 meter.

2. Batang

Batang pisang sebenarnya terletak dalam tanah berupa umbi batang. Dibagian atas umbi batang terdapat titik tumbuh yang menghasilkan daun dan pada suatu saat akan tumbuh bunga pisang (jantung). Sedang yang berdiri tegak di atas tanah yang biasanya di anggap batang itu adalah batang semu. Tinggi batang semu ini berkisar 3,5 – 7,5 meter tergantung jenisnya.

3. Daun

Daun pisang letaknya tersebar, helaian daun berbentuk lanset memanjang.Pada bagian bawahnya berlilin.Daun ini diperkuat oleh tangkai daun yang panjangnya antara 30 – 40 cm, daun pisang mudah sekali robek atau terkoyak.

4. Bunga

Bunga berkelamin satu, berumah satu dalam tandan, bunga berjejal rapat dan tersusun secara spiral.Daun pelindung berwarna merah tua, berlilin, dan mudah rontok dengan panjang 1-25 cm. Bunga tersusun dalam 2 baris melintang. Bunga betina berada di bawah bunga jantan (jika ada), tenda bunga melekat sampai tinggi, panjangnya 6-7 cm.

5. Buah

Sesudah bunga keluar, akan terbentuk buah dari sisir pertama, kemudian memanjang lagi dan terbentuk sisir kedua, ketiga dan seterusnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.