Habitat Pisang Muli

Habitat Pisang Muli

Habitat Tanaman Pisang Muli ( Musa acuminata)

Pisang dapat tumbuh di tempat yang terbuka dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup.Daerah yang cocok untuk tanaman pisang adalah daerah yang memiliki ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut. Dengan tanah yang gembur serta tidak tergenang air. Tanaman pisang tidak tahan terhadap kekeringan maupun air yang berlebihan ( Daryanto, 2006).

Di Indonesia, tanaman pisang dapat tumbuh dengan baik karena kondisi tanah dan iklim di Indonesia cocok bagi pertumbuhan tanaman pisang. Iklim yang dikehendaki adalah iklim basah dengan curah hujan merata sepanjang tahun. Suhu juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman pisang. Agar tumbuh dengan baik, tanaman pisang menghendaki suhu sekitar 24 derajat C atau lebih. Dengan suhu tersebut tanaman pisang akan dapat tumbuh dengan subur( Kartasapoetra, 2000).

Kedalaman air tanah yang sesuai untuk pisang yang di tanam pada daerah beriklim basah adalah 50- 200 cm di bawah permukaan tanah. Sementara jenis tanah yang disukai tanaman pisang adalah tanah liat yang mengandung kapur atau tanah alluvial dengan pH antara 4,5-7,5 ( Sastrahidayat dan Soemarno, 1991).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!